Resep Soto kuning Anti Gagal

George Sims   29/07/2020 03:17

Soto kuning
Soto kuning

Lagi mencari inspirasi resep soto kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto kuning yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto kuning, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto kuning enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Soto kuning Bogor hanya dipenuhi daging dan jeroan sehingga siapapun akan merasa puas menyantapnya. Meski tanpa sayuran, tapi secara keseluruhan kuah soto tetap terasa segar dan sedap berkat paduan rempah gurihnya. Tak lupa ada percikan jeruk nipis dan bawang goreng yang semakin menggugah selera.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah soto kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto kuning menggunakan 26 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto kuning:
  1. Gunakan Bumbu Halus*
  2. Gunakan 10 siung bawang merah
  3. Ambil 4 siung bawang putih
  4. Siapkan 5 butir kemiri (sangrai)
  5. Ambil Kunyit 3 cm (sangrai)
  6. Gunakan Bumbu Rempah*
  7. Ambil 2 lembar daun salam
  8. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  9. Sediakan 1 batang serai
  10. Sediakan 2 cm lengkuas geprek
  11. Sediakan 2 cm jahe geprek
  12. Sediakan garam
  13. Sediakan gula
  14. Gunakan lada
  15. Ambil penyedap (bila suka)
  16. Gunakan Bahan utama*
  17. Sediakan 250 gr daging sapi
  18. Siapkan 250 gr kikil
  19. Siapkan kol
  20. Gunakan Bahan pelengkap*
  21. Siapkan Tomat
  22. Siapkan Daun bawang
  23. Sediakan bawang goreng
  24. Siapkan emping
  25. Siapkan jeruk nipis
  26. Gunakan sambal rebus (rawit merah yg direbus lalu diblender)

Sesuai dengan namanya, soto ini menggunakan bumbu kuning yang berasal dari rempah-rempah seperti serai, lengkuas, dan kunyit. Tidak heran, soto Bogor kuah kuning terasa lezat. Selain itu, kuliner ini juga menggunakan santan sehingga memiliki cita rasa gurih serta tekstur kuah yang kental. Isi soto terdiri dari jeroan sapi, yakni babat, paru.

Cara menyiapkan Soto kuning:
  1. Haluskan bumbu halus, tumis hingga wangi dan matang. kemudian masukan bumbu rempah tumis sampai sampai layu. kemudian kasih air sedikit untuk matang sempurna. setelah itu masukan daging sapi yang sudah direbus atau presto terlebih dahulu. masukan air kaldu, biarkan mendidih masukan kikil, bumbui garam gula lada dan penyedap bila suka.
  2. Untuk isinya kol potongg sesuai selera, cuci bersih. bisa direbus sebentar di air mendidih atau disiram air panas.
  3. Penyajian, tata kol diatas mangkuk, siram dengan kuah daging dan kikil. taburi irisan tomat, daun bawang, bawang goreng, emping dan sambel rebus. kucurkan air perasan jeruk nipis.
  4. Tips, tumis bumbu sampai harum dan matang ya bunda, tandanya sudah tidak banyak asap di wajan. jangan terburu2 memasukan bahan utama, karna kalau kemiri dan kunyit tidak matang akan langu.

Resep Soto Ayam - Mengutip Wikipedia Indonesia, soto ayam merupakan salah satu makanan khas Indonesia dengan kuah sedap sejenis sup ayam dengan ciri khas kuahnya yang berwarna kekuningan. Warna kuning dalam kuah soto ayam ini dikarenakan penggunaan kunyit didalam bumbu halusnya. Saat ini sangat mudah menemukan soto ayam di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Soto Kuning Pak Salam Bogor [image source] Menikmati seporsi soto kuning di sore hari memang paling pas. Seporsi soto ini bisa berisi daging sapi, otak, paru, limpa, lidah, usus, babat dan kikil sesuai dengan selera.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto kuning yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved