Resep Pempek Ikan Khas Palembang (19), Menggugah Selera

Hallie Glover   15/11/2020 00:21

Pempek Ikan Khas Palembang (19)
Pempek Ikan Khas Palembang (19)

Lagi mencari inspirasi resep pempek ikan khas palembang (19) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek ikan khas palembang (19) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ikan khas palembang (19), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek ikan khas palembang (19) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Kalo lagi di Palembang dan dibikinin Ibuk pempek biasanya pake ikan tenggiri. Tapi karna lagi di jawa dan susah dapetin ikan tenggiri, akhirnya ku pakai ikan patin aja. Tapi tetep enak kok 😁 SuaraSumsel.id - Kota Palembang, Sumatera Selatan memiliki banyak daya tarik.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pempek ikan khas palembang (19) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Pempek Ikan Khas Palembang (19) memakai 17 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pempek Ikan Khas Palembang (19):
  1. Gunakan Bahan adonan:
  2. Siapkan 1/2 kg ikan patin (dihaluskan)
  3. Gunakan 300 gram tepung tapioka
  4. Siapkan secukupnya Air es
  5. Gunakan 3 siung bawang putih
  6. Ambil secukupnya Merica
  7. Ambil secukupnya Garam
  8. Sediakan secukupnya Penyedap rasa
  9. Ambil Bahan Cuko:
  10. Gunakan 200 gram gula merah
  11. Siapkan secukupnya Asam jawa
  12. Sediakan 1000 cc air
  13. Siapkan Bawang puith
  14. Siapkan Cabe rawit
  15. Ambil Cabe merah keriting
  16. Ambil secukupnya Garam
  17. Ambil secukupnya Penyedap rasa

Ya, Palembang memang memiliki berbagai macam makanan khas, salah satunya yang paling terkenal adalah pempek. Bicara soal makanan atau kuliner, tentunya setiap daerah pasti mempunyai kuliner khas masing-masing. Yang dimaksud dengan makanan khas adalah makanan yang jadi ciri dari suatu daerah. Pempek Palembang adalah salah satu bukti nyata akan kesuksesan makanan tradisional daerah yang berhasil diangkat menjadi makanan nasional.

Cara menyiapkan Pempek Ikan Khas Palembang (19):
  1. Siapkan semua bahan.
  2. Haluskan bumbu adonan.
  3. Campurkan ikan, tepung tapioka, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan bisa dibentuk.
  4. Bentuk adonan memanjang, letakkan dinampan yang sudah diberi taburan tepung. Kemudian rebus sekitar 40-50 menit agar pempek benar benar matang.
  5. Sambil nunggu pempek matang sempurna. Buat cukonya dulu.
  6. Haluskan bumbu.
  7. Kupas asam jawa, beri 2 sendok sayur air rebusan pempek yg mendidih.
  8. Iris gula merah
  9. Panaskan 1000cc air. Masukkan semua bahan cuko yang sudah disiapkan. Tunggu sampai mendidih dan air berkurang menjadi sekitar 700cc. Koreksi rasa. Jika sudah saring cuko.
  10. Goreng pempek pada minyak panas. Kemudian sajikan dengan mentimun, bisa juga ditambahkan bihun sebagai pelengkap. Kemudian siram dengan cuko.
  11. Selamat mencoba 😍😍

Pempek Palembang sebagai bisnis kuliner khas daerah Sumatera Selatan ini, sekarang tidak hanya populer di Palembang. Namun kini Pempek Palembang sudah beredar hampir di setiap penjuru Indonesia. Mendengar kata Pempek atau empek-empek pikiran akan otomatis angat pada kota Palembang. Pempek Palembang memang adalah makanan khas Palembang. Kuliner ini terbuat dari ikan giling an tepung kanji.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pempek Ikan Khas Palembang (19) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved