Langkah Mudah untuk Membuat Pesmol Ikan yang Enak Banget

Ray Moody   10/11/2020 11:43

Pesmol Ikan
Pesmol Ikan

Sedang mencari ide resep pesmol ikan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pesmol ikan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pesmol ikan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Ikan Nila adalah salah satu ikan air tawar favorit keluarga mamak. Biasanya kalo masak cuma di goreng doang trs bikin sambel korek. Berhubung pngn makan yg sedikit berkuah terus ada sayurannya juga, akhirnya si Ikan Nila mamak olah jadi Pesmol Ikan Nila atau Acar Bumbu Kuning.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pesmol ikan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pesmol Ikan menggunakan 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Pesmol Ikan:
  1. Ambil 1/2 kg ikan (kali ini stocknya ikan patin)
  2. Ambil 5 siung bawang merah
  3. Ambil 2 siung bawang putih
  4. Gunakan 3 butir kemiri
  5. Sediakan 3 buah cabe hijau, dirajang
  6. Siapkan 1 batang wortel di potong korek api, rebus sebentar
  7. Ambil 10 buah cabe rawit merah
  8. Ambil 1 ruas jahe
  9. Sediakan 1 btg sereh digeprek
  10. Siapkan 5 lembar Daun jeruk
  11. Ambil 1 ruas kunyit
  12. Sediakan Garam dan penyedap rasa (optional)

Pada resep kali ini, ikan nila akan diolah dengan bumbu pesmol. Bumbu berwarna kuning ini terbuat dari bumbu rempah seperti kemiri, kunyit, jahe, dan bawang merah, dengan perpaduan cita rasa asam, gurih dan pedas. Kamu dapat membuat pesmol dari segala jenis ikan yang dapat kamu temui dengan mudah di pasar. Beberapa jenis ikan yang kerap digunakan adalah ikan nila, ikan kembung, ikan lele, ikan bandeng, dan ikan mas.

Cara membuat Pesmol Ikan:
  1. Bersihkan ikan, cuci dan beri sedikit air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Sisihkan
  2. Ulek atau blender, bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri.
  3. Tumis bumbu yg di haluskan atau diblender tadi. Tambahkan jahe yg digeprek, sereh dan daun jeruk
  4. Jika bumbu sudah harum masukkan wortel, cabe ijo dan cabe rawit merah. Tambahkan sedikit air.
  5. Masukkan ikan, masak dengan api sedang. Tambahkan garam dan gula merah sedikit. Juga penyedap (jika suka). Biarkan bumbu meresap sampai ikan terlihat matang
  6. Test rasa. Matikan api. Pesmol siap dihidangkan 😋

Lihat juga resep Pesmol Ikan (Bumbu Kuning) enak lainnya. Cara Membuat Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih - Pada kesempatan kali ini kami akan membuat resep tentang masakan yang khas dari daerah Cianjur. Makanan ini sangat banyak diminati oleh semua orang karena rasanya yang begitu nikmat juga memiliki aroma yang sangat khas. Bumbu pesmol yang menjadi salah satu khas masakan sunda ini bisa menjadi pilihan dalam menu olahan aneka ikan. Sebenarnya terdapat banyak variasi dalam memasak bumbu pesmol, pada kesempatan kali ini adalah cara mudah membuat ikan kembung goreng bumbu pesmol sederhana dengan khas warna kuning kunyitnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pesmol ikan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved