Cara Gampang Menyiapkan Empek empek sederhana, Menggugah Selera

Susie Vaughn   08/10/2020 15:12

Empek empek sederhana
Empek empek sederhana

Anda sedang mencari ide resep empek empek sederhana yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal empek empek sederhana yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Merdeka.com - pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, dengan tambahan telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam. Pempek disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko terbuat dari air, gula merah, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empek empek sederhana, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan empek empek sederhana yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat empek empek sederhana yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Empek empek sederhana memakai 14 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Empek empek sederhana:
  1. Ambil 1/4 tepung tapioka
  2. Siapkan 6 sendk mkn tepung terigu
  3. Ambil 4 sendok makn ebi kering
  4. Siapkan 2 siung bawang putih
  5. Siapkan 1/2 sachet Merica bubuk
  6. Sediakan Garam,royco
  7. Sediakan bahan cuko*
  8. Sediakan Gula aren/jawa biasa
  9. Gunakan 300 ml air
  10. Gunakan Asam jawa
  11. Gunakan Garam sckupnya
  12. Ambil 1 siung bawang putih
  13. Sediakan Air lemon(option)
  14. Sediakan Cabe keriting (sesuai selera)

Makanan yang biasanya di masak menggunakan bahan dasar daging ikan ini, pada awalnya berasal dari Provinsi Sumatera Selatan memang sudah amat sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Di samping itu banyaknya variasi resep dari makanan ini seperti empek empek kulit, adaan, ikan tenggiri, lenjer, dan bahkan ada empek empek yang sangat sederhana yang. Cara membuat empek-empek palembang Bahan: Cara membuat empek empek diatas dapat dengan mudah kamu praktikan di rumah dengan bahan - bahan yang mudah untuk didapatkan. Pempek sendiri telah berkembang cukup pesat, ini.

Langkah-langkah menyiapkan Empek empek sederhana:
  1. Haluskan bawang putih,garam lalu tuang dalam wajan campur dengan tepung terigu,royco merica bubuk kasih air +/- 300ml masak dg api sedang aduk hingga adonan kalis
  2. Taruh tepung tapioka dalam wadah bersih stelah itu campurkan adonan tepung terigu yg sudah masak kdlam tepung tapioka uleni pake spatula kl udah dingin pake tangan biar tercmpur rata,kasih telur dan uleni smp bisa dbentuk,
  3. Bentuk empek2 sesuai selera,goreng lalu sajikan kasih irisan mentimun.

Cara Membuat Empek-Empek Sederhana Spesial Yang Empuk dan Lembut Lengkap Dengan Resep Kuah Pempek Khas Palembang. Kota yang dahulunya dikenal sebagai Swarnabhumi yang juga berarti bumi emas ini terkenal memiliki makanan khas yang enak dan lezat. Dimana orang diseluruh penjuru Indonesia pasti mengenal dan menyukainya, yaitu empek-empek. Nama pempek sendiri diambil dari kata empek-empek, atau pek-pek yang menjadi sebutan laki-laki tua pada pria Tionghoa. Tak perlu harus ke Palembang untuk menikmati cita rasa makanan yang identik dengan rasa ikan ini lho, hampir di seluruh kota Indonesia menjual pempek.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Empek empek sederhana yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved