Cara Gampang Membuat Ikan Lombok Ijo yang Lezat Sekali

Viola Wagner   24/11/2020 10:59

Ikan Lombok Ijo
Ikan Lombok Ijo

Lagi mencari ide resep ikan lombok ijo yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan lombok ijo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Punya ikan tunul karena bosen kalo cuma sakadar digoreng, kali ini dikreasikan dengan lombok ijo saja deh. Bersama dengan rempah-rempah anti corona, ikan tunul lombok ijo ini cocok banget untuk menemani saat berbuka atau saat sahur tiba. Lihat juga resep Ikan cucut larak + tahu tempe kuah santan lombok ijo enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan lombok ijo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ikan lombok ijo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ikan lombok ijo yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ikan Lombok Ijo memakai 10 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ikan Lombok Ijo:
  1. Siapkan 4-5 ekor ikan (ikan layang, gembung, pindang, nila, gabus, belanak, dll) dibersihkan, rendam air uleg an bawang putih dan garam, diamkan
  2. Sediakan 7 siung bawang merah iris
  3. Ambil 5 siung bawang putih iris
  4. Gunakan 15 buah Lombok setan iris serong (atau sesuai selera)
  5. Ambil 5 buah Lombok Ijo iris serong
  6. Gunakan 2 buah tomat belah 4
  7. Ambil 7 helai daun jeruk buang tulang daunnya
  8. Siapkan 3 helai daun salam
  9. Ambil 2 ruas jari lengkuas digeprak
  10. Ambil gula aren ( gula merah/ gula Jawa )

Proses pembuatan Gereh lombok ijo (ikan asin) Cuci ikan. Lalu goreng hingga bagian kulit kecoklatan. Tumis bawang putih dan cabai sampai bawangnya kecoklatan. Masukkan garam, gula, dan penyedap rasa.

Cara membuat Ikan Lombok Ijo:
  1. Ikan yg sudah direndam bumbu digoreng setengah kering lalu tiriskan
  2. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, Lombok setan, daun jeruk, daun salam, lengkuas geprak, sampai harum.
  3. Masukkan air ke dalam tumisan bumbu iris secukupnya, masukkan ikan goreng nya, masukkan gula aren/ gula merah, garam, penyedap rasa Non MSG, tomat, diamkan sebentar, masukan irisan Lombok Ijo. Biarkan sampai ikan agak lunak dan bumbu meresap.
  4. Sudah jadi deh lauk ikan Lombok Ijo kitaaaa….. Selamat menikmati dengan nasi anget pulen, krupuk dan rebusan bayam ,,,, hhhmmmm yummyyyyy

Kotokan Ikan Pe (iwak pe) sangat terkenal di Jawa Timur. Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah. Uniknya, kotokan ikan pe biasa diberi tambahan lombok hijau dan tempe. Kuahnya segar, gurih, dan pedasnya pas! Lihat juga resep Ikan Asin Cabe ijo enak lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ikan lombok ijo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved