Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cuko pempek Anti Gagal

Isabella Brooks   30/08/2020 15:53

Cuko pempek
Cuko pempek

Lagi mencari ide resep cuko pempek yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko pempek yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cuko pempek yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cuko pempek yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cuko pempek memakai 10 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cuko pempek:
  1. Gunakan 500 gram gula batok
  2. Ambil 600 ml air
  3. Gunakan 1 sdm ebi bubuk kering
  4. Ambil 1 sdt gula pasir
  5. Gunakan 1/2 sdt garam
  6. Sediakan 125 gram asam jawa (berbiji) atau sesuai selera
  7. Gunakan Bumbu halus
  8. Sediakan 10 siung bawang putih
  9. Siapkan 20 buah cabe rawit
  10. Ambil 3 buah cabe keriting

Cuko pempek (kuah pempek Gula merah) bwg putih, cabe rawit (optional), asam jawa, gula merah/aren, air, garam Ummi Sholah & Hanin. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap.

Cara menyiapkan Cuko pempek:
  1. Rebus semua bahan dan bumbu hingga mendidih dan tercampur rata
  2. Koreksi rasa
  3. Kalau sudah matang dan mendidih tunggu dingin dan tinggal saring

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek adaan (deep-fried chicken and shrimp meatballs) with saus cuko (spicy tamarind sauce). Frying pempek mixture into fried meatballs.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cuko pempek yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved