Resep Pempek Palembang yang Lezat Sekali

Flora Gibbs   16/10/2020 08:38

Pempek Palembang
Pempek Palembang

Lagi mencari inspirasi resep pempek palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek palembang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek palembang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pempek palembang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pempek palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pempek Palembang memakai 24 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pempek Palembang:
  1. Ambil Bahan A
  2. Ambil 500 ml air
  3. Siapkan 100 gr tepung terigu
  4. Siapkan 10 siung bawang putih,haluskan
  5. Sediakan 50 gr garam / sesuai selera
  6. Sediakan 4 sdt gula pasir
  7. Gunakan 5 sdm minyak sayur
  8. Ambil Secukupnya penyedap rasa
  9. Siapkan Bahan B
  10. Ambil 1 kg daging ikan tengiri, haluskan
  11. Gunakan 1 butir telur
  12. Sediakan 1 kg tepung tapioka
  13. Gunakan Bahan kuah cuko
  14. Ambil 1,5 Liter air
  15. Sediakan 1 kg gula merah
  16. Ambil 50 gr asam Jawa, rendam sampai mengembang
  17. Sediakan 100 gr bawang putih
  18. Sediakan 100-150 gr cabe rawit merah
  19. Siapkan 5 buah cabe keriting
  20. Gunakan 100 gr ebi haluskan
  21. Ambil Secukupnya garam
  22. Siapkan Pelengkap
  23. Ambil Irisan mentimun
  24. Gunakan Mie basah

Pempek is the best-known of Palembang's dishes and is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko. Kami hanya membuat pempek palembang sesuai pesanan, sehingga pempek kami selalu baru setiap hari. Gratis ongkir, pengiriman ekspress, dan bahan terbaik. Halo Pecinta Pempek Candy Dimanapun Anda Berada Di Seluruh Indonesia.

Langkah-langkah membuat Pempek Palembang:
  1. Campur semua bahan A kecuali minyak sayur, kemudian masak sampai meletup – letup kemudian dinginkan. setelah dingin masukan minyak aduk rata.
  2. Dalam wadah yang besar campur daging ikan tenggiri + telur + bahan A lalu aduk rata. Kemudian masukan tepung tapioka lalu aduk kembali sampai rata. Adonan siap untuk dibentuk lenjer, keriting atau kapal selam. Untuk empek2 lenjer saya timbang adonan seberat 100 gram dan untuk kapal selam ukuran sedang 50 gram, sedangkan isian untuk kapal selam 5 butir telur yang dikocok lepas.
  3. Didihkan air beri sedikit minyak goreng + garam, kemudian rebus adonan empek - empek sampai matang (mengapung). Angkat dan tiriskan. Bisa langsung dimakan, atau juga bisa digoreng dulu.
  4. Kuah Cuko - Cara membuat : - Masak air + gula merah + asam jawa masak sampai gula larut lalu saring. Kemudian masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan + cabe rawit + cabe merah + garam masak sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan ebi halus dan kecap manis aduk rata koreksi rasanya. - - NOTE : Sebaiknya bawang putih yang sudah dihaluskan disimpan semalaman agar aroma bawang putihnya lebih terasa. Baru keesokan harinya dimasak bersama bahan lainnya.

COM, PALEMBANG - JIKA anda berkunjung ke Palembang, salah satu makanan khas yang wajib dicicipi adalah Pempek. Pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji (secara salah kaprah sering disebut sebagai "tepung sagu"), serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan. Selain pempek Pak Raden, salah satu yang tersohor di Palembang adalah pempek Nony. Pempek ini lebih konvensional karena bentuknya besar-besar. Maka dari itu, makan satu pempek di Nony saja rasanya bakal mengenyangkan perut.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pempek palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved