Bagaimana Membuat Cuko Pempek Asam Pedass, Menggugah Selera

Carl Underwood   16/09/2020 07:34

Cuko Pempek Asam Pedass
Cuko Pempek Asam Pedass

Lagi mencari inspirasi resep cuko pempek asam pedass yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko pempek asam pedass yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Cuko pempek kental manis asam pedas. Lihat juga resep Cuko pempek pedas manis enak lainnya. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek asam pedass, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cuko pempek asam pedass enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cuko pempek asam pedass yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cuko Pempek Asam Pedass menggunakan 8 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cuko Pempek Asam Pedass:
  1. Ambil 600 ml air
  2. Siapkan 250 gr gula aren, iris2
  3. Sediakan 3 siung bawang putih
  4. Sediakan 8 cabe rawit merah
  5. Sediakan 3 cabe merah keriting
  6. Sediakan 2 sdt garam
  7. Sediakan 3 sdm gula pasir
  8. Ambil Secukupnya asam jawa

Rasa yang didapat dari Cuko Pempek Asli Palembang ini adalah pedas, manis, dan asam, rasa asamnya didapat dari asam jawa atau Cuka makan. Untuk mendapatkan rasa Cuko Pempek yang enak sebaiknya memakai gula aren atau disebut juga gula batok. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental.

Cara membuat Cuko Pempek Asam Pedass:
  1. Siapkan semua bahan
  2. Ulek kasar bumbu cuko (garam, bawang putih, cabe rawit merah, cabe merah keriting)
  3. Siapkan panci masukan air, bumbu ulek, sisa garam, asam jawa, gula pasir, gula merah lalu masak sampe matang, sambil koreksi rasa (sesuai selera)
  4. Setelah matang dan rasanya sdh pas, matikan api kemudian saring air cukanya
  5. Cuko pempek asam pedass siap disajikan bersama pempeknya (kalo saya makan pempek itu pempeknya gk suka d goreng)

Orang bilang cuko yang kental akan terasa mantap di lidah, tapi itu tergantung selera masing-masing ya bunda. Mampir kesini abis nonton di KunCit keinget cobain pempek cuko. Cobain asam pedas yang menurut gw gag pedes sama sekali. Ditanya punya sambal terpisah tapi mereka ternyata gag punya :(menyesal pilih yg asam pedas). Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cuko Pempek Asam Pedass yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved