Langkah Mudah untuk Membuat Pindang Baung, Sempurna

Harriett Snyder   12/07/2020 12:22

Pindang Baung
Pindang Baung

Lagi mencari ide resep pindang baung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang baung yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Pindang ikan baung enak lainnya. Pindang meranjat: the most hot and spicy South Sumatran pindang variant from Meranjat village, Ogan Komering Ilir Regency, uses iwak salai (smoked fish) made from catfish, patin, baung, or lais fish. Pindang musi rawas: Sour and fresh pindang from Musi Rawas, which unlike other variants uses mashed tomato instead of tamarind as its souring agent.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang baung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pindang baung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pindang baung sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pindang Baung memakai 20 bahan dan 1 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pindang Baung:
  1. Siapkan Siapkan ikan baung yg sudah dibersihkan (boleh ikan patin/gabus)
  2. Siapkan 2 biji Sereh
  3. Sediakan seibu jari Laos
  4. Siapkan Jahe sejari kelingking
  5. Gunakan 2 lembar Daun salam
  6. Siapkan Bumbu halus:
  7. Siapkan Bawang merah
  8. Ambil Bawang putih
  9. Siapkan 2 cm Kunyit
  10. Ambil 7 biji Cabe merah
  11. Ambil Terasi separoh (terasi ABC sebungkus dibagi 2)
  12. Siapkan Pelengkap:
  13. Ambil Daun kemangi
  14. Sediakan Nanas potong kotak-kotak
  15. Ambil Daun bawang
  16. Ambil Tomat
  17. Gunakan Garam
  18. Siapkan 2 sdm Kecap manis
  19. Sediakan 2 sdm Minyak goreng
  20. Sediakan 1.5 L Air

Nah, kalau sudah seperti ini pastinya akan mempengaruhi nafsu makan keluarga. Resep pindang ikan salai sendiri didapatnya dari turun-temurun keluarganya. Namun dia mencoba mengkreasikan kuah pindang lebih berwarna merah, dengan campuran cabai yang membuat rasanya lebih pedas. "Untuk ikannya kita gunakan ikan baung sungai. Kenapa ikan sungai itu tidak amis dan memiliki cita rasa tersendiri.

Langkah-langkah membuat Pindang Baung:
  1. Panaskan minyak goreng di wajann, tumis bumbu halus sampe wangi dan keluar minyak. Tuang air (sebaiknya air panas). Biarkan sampe mendidih, masukkan bumbu geprek tadi. Masukkan garam, kecap manis. Tes rasa. Tunggu beberapa saat sampe bumbu bener2 matang. Masukkan tomat, nanas, ikan. Masak sampe ikan setengah matang. Masukkan daun bawang dan kemangi. Biarkan mendidih sampe 5 menit hingga ikan matang. Matikan api. Sajikan.

Baru bertemu dengan Nara disore hari, pagi harinya Ayah harus berpisah dengan Nara lagi. mana berangkatnya pagi- pagi jadi ngak sempat melihat senyum terindah didunia. Termasuk Pindang Baung Lampung dan Pindang Baung Meranjat yang sudah saya bahas sedikit di atas. Yang jelas, Umah Bone ini salah satu pilihan wisata kuliner saya di kota Bandar Lampung. Suasananya sangat nyaman dengan menu khas tradisional khas Nusantara. Seperti nasi kendil, nasi liwet, nasi kuning, dan pindang baung yang saya ceritakan di atas.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pindang baung yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved