Resep Pindang ikan palembang, Sempurna

Teresa Kennedy   11/11/2020 12:47

Pindang ikan palembang
Pindang ikan palembang

Sedang mencari inspirasi resep pindang ikan palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang ikan palembang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang ikan palembang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pindang ikan palembang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Pindang ikan patin khas palembang enak lainnya. Pindang ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Palembang,Sumatera Selatan yang berupa olahan lauk bercitarasa khas. bahan yang dapat dijadikan bahan dasar lauk pindang adalah udang, daging atau ikan yg disajiakan dengan kuah panas asam, manis, pedas mirip tomyam dari Thailand. Sebetulnya Pindang ala Palembang cukup variatif, tetapi yang paling terkenal adalah Pindang Patin.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pindang ikan palembang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pindang ikan palembang memakai 9 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pindang ikan palembang:
  1. Sediakan 500 gr ikan patin (bisa diganti gabus/lainnya)
  2. Gunakan 5 siung bawang putih (iris tipis)
  3. Siapkan 4 siung bawang putih (iris tipis)
  4. Siapkan 3 batang sereh (iris tipis)
  5. Siapkan 5 cm kunyit (iris tipis)
  6. Gunakan 50 gr lengkuas / laja (iris tipis)
  7. Siapkan 3 cm jahe (iris tipis)
  8. Sediakan 3 buah cabai (geprek)
  9. Siapkan 50 gr asam (ambil airnya)

PALEMBANG - Kota Palembang kaya ragam kuliner, salah satunya pindang ikan gabus. Pemilihan ikan gabus yang kaya protein bukan tanpa alasan. Selain mudah didapat di Sungai Musi, Palembang, juga memiliki tekstur ikan yang lembut dan gurih. Hidangan pindang ikan gabus khas Palembang tampilannya cerah dan aroma kuahnya menggugah selera dan biasanya selalu.

Cara menyiapkan Pindang ikan palembang:
  1. Cuci ikan terlebih dahulu, panaskan air. Kemudian masukan semua bahan yg telah diiris tadi hingga harum, tambahkan garam & kaldu bubuk.
  2. Masukan ikan, tunggu hingga matang. Sajikan

Masyarakat Palembang mengenalnya sebagai pindang serani (dari kata "nasrani" yaitu agama mayoritas masyarakat Belanda). Pindang terus berkembang, dan muncul pindang ikan salai, pindang ayam, pindang daging, dan pindang tulang. Kemudian lahir pula pindang ikan teri, pindang terung dan sebagainya. Referensi Ada pindang daging, tulang, ikan patin, ikan baung, burung puyuh, burung dara, bebek, hingga pindang salai. Kali ini, IDN Times akan berbicara tentang pindang yang menggunakan bahan pokok burung dara atau merpati dan burung puyuh yang ada di Resto Pindang Burung Palembang yang berada di Jalan Basuki Rahmat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pindang ikan palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved