Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pindang Ikan Khas Jambi Anti Gagal

Nettie McLaughlin   01/12/2020 23:14

Pindang Ikan Khas Jambi
Pindang Ikan Khas Jambi

Sedang mencari ide resep pindang ikan khas jambi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang ikan khas jambi yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang ikan khas jambi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pindang ikan khas jambi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

KOMPAS.com - Ikan patin adalah salah satu ikan yang banyak ditemui di daerah Jambi. Warga setempat banyak yang mengolah ikan patin menjadi lauk berkuah layaknya sup yang diberi nama pindang. Rasa pedas dan asam serta gurihnya daging ikan gabus pada masakan pindang ikan jambi ini sangat menggugah selera.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pindang ikan khas jambi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Pindang Ikan Khas Jambi memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pindang Ikan Khas Jambi:
  1. Ambil 1 ikan gabus (berat 100 gram), atau ikan sungai lainnya
  2. Sediakan 1/2 jeruk nipis
  3. Gunakan Bumbu :
  4. Sediakan 2 bawang merah-iris
  5. Ambil 2 belimbing wuluh -potong 2
  6. Sediakan 1 sereh geprek
  7. Gunakan 1 ruas jari lengkuas geprek
  8. Siapkan 1/2 sdt terasi bakar
  9. Sediakan secukupnya Garam
  10. Siapkan 1,5 sdm minyak utk menumis
  11. Gunakan secukupnya Air
  12. Gunakan Bumbu Halus :
  13. Ambil 2 Bawang merah
  14. Ambil 1 Bawang putih
  15. Sediakan 2 cabe keriting
  16. Gunakan 6 cabe rawit
  17. Sediakan 1 ruas jari kunyit
  18. Siapkan 1 ruas jari jahe

Pindang sendiri adalah makanan khas orang Melayu yang merupakan masakan lauk berkuah bening dengan irisan bumbu. Di daerah Jambi juga akan mudah ditemui tempat makan tradisional yang menjual pindang ikan patin. Jika kamu ingin mencoba mencicip pindang patin, tetapi belum bisa mencoba langsung ke daerah asalnya. Wangi rempahnya.sedappp skali rasa gurih ikan patin segar.trir #pekan_jambi #cookpadcommunity_ jakarta #goda_kupindangkau Resep Pindang Patin khas Jambi.

Langkah-langkah membuat Pindang Ikan Khas Jambi:
  1. Siapkan bahan,lumuri ikan dgn perasan jeruk nipis diamkan 10 menit lalu potong menjadi 4. Haluskan dan iris bumbu.
  2. Tumis bawang merah iris sampai harum, lalu masukkan bumbu halus,terasi,daun salam,daun bawang,sereh dan lengkuas.
  3. Masukkan air,belimbing wuluh, garam,masak sampai mendidih, lalu masukkan ikan.
  4. Masak sampai ikan matang,koreksi rasa,pada saat membalik pelan2 ya supaya ikan ga hancur. Angkat dan sajikan.

Tujuan utama selain mengenal tempat , daerah, orang , budaya ,juga KULINER. Pada dasarnya, Kerutup Ikan adalah makanan jenis sate. Kuliner tradisional khas Jambi biasanya dibuat dari bahan dasar ikan tawar, seperti ikan gurame, ikan nila, dan ikan mas. Bahan dasar tersebut kemudian diolah dengan. Dibandingkan dengan pindang ikan lainnya, menu pindang ikan salai sangat khas terutama aroma dan rasa rempah-rempah yang kental.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pindang Ikan Khas Jambi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved