Resep Cuko/Cuka Pempek Anti Gagal

Esther Williamson   04/09/2020 11:55

Cuko/Cuka Pempek
Cuko/Cuka Pempek

Anda sedang mencari ide resep cuko/cuka pempek yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko/cuka pempek yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko/cuka pempek, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cuko/cuka pempek enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Pempek biasanya dimakan dengan cuko, yaitu sejenis saus yang memiliki rasa asam, manis, sedikit asin dan pedas. Orang bilang cuko yang kental akan terasa mantap di lidah, tapi itu tergantung selera masing-masing ya bunda.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cuko/cuka pempek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Cuko/Cuka Pempek memakai 7 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cuko/Cuka Pempek:
  1. Gunakan 400 gram Gula Aren Item
  2. Sediakan 20 Cabai campur (Rawit Keriting & Rawit Merah)
  3. Siapkan 15 gram Ebi
  4. Gunakan 1 Bonggol Bawang Putih
  5. Sediakan 4-5 sdm Cuka (aku: merk Naga)
  6. Siapkan 3-4 sdm Gula Pasir
  7. Ambil Secukupnya air bersih

CARA MEMBUAT CUKO/ CUKA PEMPEK KOMPLIT : Jika ingin lebih enak, campuran cabe dan bawang putih diulek sehari sebelumnya; Gula merah yang dipakai sebaiknya gula batok yang tidak berbau angit sehingga adonan tidak terasa pahit; Ebi halus juga, boleh di-pisah pada saat makan sebelum dicampurkan pada makanan, agar aroma-nya tetap muncul; Pempek dan cuka/cuko tidak bisa dipisahkan. Pempek yang enak, akan nikmat kalau di santap dengan cuka/cuko yang enak juga. Banyak cara membuat cuka/cuko pempek, kareana banyak juga selera yang berbeda. Pada kesempatan ini, kiranya demikian resep cuka/cuko pempek palembang.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko/Cuka Pempek:
  1. Panaskan air di panci secukupnya, rebus gula merahnya. Jika Gula nya merasa bersih tidak perlu di saring.
  2. Blender Cabai, bawang putih, dan ebi nya. Kemudian setelah gula sudah larut masukan cabai yang sudah dihaluskan
  3. Masukan gula pasir dan cuka. Tes rasa, masak sampai mendidih. Angkat dan dinginkan (katanya diamkan 12jam baru bisa masuk kulkas biar tambah enak).

Cuko dibuat dari perpaduan air, gula merah, cabe rawit tumbuk, ebi sangria, bawang putih dan garam. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut membuat cuko memiliki rasa yang mantab, yakni : pedas, manis, asam, gurih, dan pastinya sangat menyegarkan. Biasanya Cuko Pempek lebih nikmat dimasak sehari sebelum di hidangkan bersama pempek. Rasa yang didapat dari Cuko Pempek Asli Palembang ini adalah pedas, manis, dan asam, rasa asamnya didapat dari asam jawa atau Cuka makan. Untuk mendapatkan rasa Cuko Pempek yang enak sebaiknya memakai gula aren atau disebut juga gula batok.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cuko/cuka pempek yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved