Resep Pindang Ikan Gabus Palembang, Menggugah Selera

Cecelia Perry   24/11/2020 11:25

Pindang Ikan Gabus Palembang
Pindang Ikan Gabus Palembang

Sedang mencari ide resep pindang ikan gabus palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang ikan gabus palembang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Keluarga ku klo soal masakan paling suka yg berkuah, apalagi menu yang satu ini. Dulu biasa aku beli di restoran Palembang dan sekali makan cukup menguras kantong. Tapi berhubung suka dan terbayar kan dengan rasa yg pas perpaduan pedas manis,asem,asin nya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang ikan gabus palembang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pindang ikan gabus palembang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pindang ikan gabus palembang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pindang Ikan Gabus Palembang menggunakan 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pindang Ikan Gabus Palembang:
  1. Gunakan 1 kg ikan gabus
  2. Sediakan 1 buah jeruk kunci
  3. Sediakan Air
  4. Sediakan 10 siung bawang merah
  5. Siapkan 1 Tomat ukuran sedang
  6. Sediakan 1 buah nanas ukuran kecil
  7. Gunakan 5 cm Laos
  8. Ambil 2 cm kunyit
  9. Sediakan 2 buah sereh
  10. Gunakan 5 cm terasi
  11. Gunakan 5 cm asam jawa (buang biji)
  12. Gunakan Gula merah
  13. Ambil Daun kemangi
  14. Siapkan Daun bawang

PALEMBANG - Kota Palembang kaya ragam kuliner, salah satunya pindang ikan gabus. Pemilihan ikan gabus yang kaya protein bukan tanpa alasan. Selain mudah didapat di Sungai Musi, Palembang, juga memiliki tekstur ikan yang lembut dan gurih. Hidangan pindang ikan gabus khas Palembang tampilannya cerah dan aroma kuahnya menggugah selera dan biasanya selalu.

Langkah-langkah membuat Pindang Ikan Gabus Palembang:
  1. Siangi ikan gabus lalu cuci dengan air mengalir, beri perasan jeruk agar bau amis hilang. Masukkan kedalam panci
  2. Tumbuk kasar bawang merah, laos, kunyit dan sereh.. kemudian campurkan dengan ikan dalam panci, beri air sesuai selera (sampai ikan dan bumbu tenggelam).
  3. Masukkan dalam sebuah mangkuk terasi dan asam jawa, beri air lalu remas2. Buang ampas dan masukkan air perasan dalam panci ikan dan bumbu tadi. Potong2 nanas dan tambahkan gula merah serta garam.
  4. Masak diatas kompor dengan api sedang hingga mendidih, koreksi rasa lalu masukkan daun kemangi dan daun bawang. Pindang ikan gabus siap dihidangkan 😊

Ada empat unit kapal dengan warna cat dan rasa pindang ikan berbeda-beda. Seperti Warung Mbok Sri, pengunjung bisa memilih beragam jenis Pindang Ikan, seperti Pindang Ikan Patin, Ikan Gabus, Pindang Tulang Kambing. Selain menu pindang ikan, juga menu Ayam Bakar dan Ikan Bakar. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Pindang ikan gabus yang diolah dengan berbagai macam bumbu dan rempah tentu akan memberikan cita rasa sedap nan pedas yang akan menggoyang lidah.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pindang Ikan Gabus Palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved