Resep Pindang Ikan Gabus Anti Gagal

Mitchell Hawkins   05/11/2020 17:26

Pindang Ikan Gabus
Pindang Ikan Gabus

Sedang mencari ide resep pindang ikan gabus yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang ikan gabus yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

PINDANG IKAN GABUS DAN MUDA LAOS enak lainnya. Keluarga ku klo soal masakan paling suka yg berkuah, apalagi menu yang satu ini. Dulu biasa aku beli di restoran Palembang dan sekali makan cukup menguras kantong.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang ikan gabus, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pindang ikan gabus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pindang ikan gabus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Pindang Ikan Gabus memakai 15 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pindang Ikan Gabus:
  1. Gunakan 1 Ekor Ikan Gabus 1kg dipotong potong
  2. Gunakan 1 Ikat Kemangi
  3. Sediakan 1 Buah Tomat Sedang Dibelah Empat
  4. Sediakan 1 Batang Sereh,geprek
  5. Sediakan 2 Lembar Daun Salam
  6. Gunakan Secukupnya Garam,Gula,Dan Kaldu Bubuk
  7. Gunakan Secukupnya Air
  8. Gunakan 1 Air Asam Jawa
  9. Sediakan Bumbu Giling Kasar
  10. Gunakan 5 Siung Bawang Putih
  11. Siapkan 8 Siung Bawang Merah
  12. Ambil 10 Cabe Keriting
  13. Gunakan 1/2 Ruas Jahe
  14. Sediakan 1 Jempol Besar Laos
  15. Gunakan 1 Ruas Kunyit

Resep Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang. Sup ikan khas Palembang yang rasanya segar, ringan enak banget dimakan sama sambal nanas. Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada.

Langkah-langkah menyiapkan Pindang Ikan Gabus:
  1. Siapkan Bahan Bahan,Bersihkan Ikan.
  2. Haluskan Bumbu,Rebus Air Secukupnya Lalu Masukkan Bumbu Halus,Masak Sampai Mendidih
  3. Masukkan Ikan,Sereh,Daun Salam,Garam,Gula,Dan Kaldu Bubuk Secukupnya.Masak Dengan Api Kecil Biarkan Sampai Kuah Sedikit Menyusut Dan Bumbu Meresap
  4. Setelah Hampir Matang,Masukkan Tomat Dan Kemangi,Masak Sebentar Sampai Layu
  5. Koreksi Rasa,Angkat Dan Sajikan Hangat Dengan Nasi Panas.

Pemilihan ikan gabus yang kaya protein bukan tanpa alasan. Selain mudah didapat di Sungai Musi, Palembang, juga memiliki tekstur ikan yang lembut dan gurih. Hidangan pindang ikan gabus khas Palembang tampilannya cerah dan aroma kuahnya menggugah selera dan biasanya selalu menjadi makanan wajib wisatawan saat berkunjung ke Bumi Sriwijaya. Biasanya klo bikin pindang serani tuh pake ikan laut ya, ini coba pakai ikan air tawar. Dan cocok banget ya ternyata kepala ikan kuthuk/gabus ini dipindang, ada aroma dan rasa yg lain, dan ternyata kepala ikan kuthuk ini berdaging saya kaget tadi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang ikan gabus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved