Bagaimana Membuat Pindang Ikan Gabus, Enak

Agnes Francis   21/10/2020 12:55

Pindang Ikan Gabus
Pindang Ikan Gabus

Anda sedang mencari ide resep pindang ikan gabus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang ikan gabus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang ikan gabus, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pindang ikan gabus enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

PINDANG IKAN GABUS DAN MUDA LAOS enak lainnya. Keluarga ku klo soal masakan paling suka yg berkuah, apalagi menu yang satu ini. Dulu biasa aku beli di restoran Palembang dan sekali makan cukup menguras kantong.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pindang ikan gabus sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Pindang Ikan Gabus menggunakan 12 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pindang Ikan Gabus:
  1. Siapkan Ikan Gabus
  2. Ambil Bawang merah
  3. Sediakan Bawang putih
  4. Ambil Bawang bombay
  5. Sediakan Jahe
  6. Sediakan Kunyit
  7. Siapkan Lengkuas
  8. Ambil Serei
  9. Ambil Merica bubuk
  10. Siapkan Tomat
  11. Sediakan Cabe
  12. Siapkan Daun salam

Resep Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang. Sup ikan khas Palembang yang rasanya segar, ringan enak banget dimakan sama sambal nanas. Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada.

Langkah-langkah membuat Pindang Ikan Gabus:
  1. Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay dengan sedikit minyak, hingga wangi. Masukkan cabe iris.
  2. Jahe, lengkuas, kunyit, serei yg telah digeprek, masukkan dalam tumisan. Tunggu hingga menguning. Masukkan daun salam
  3. Setelah semua layu, tuang air kira-kira ikan tenggelam. Tunggu hingga mendidih. Masukkan garam dan merica bubuk. Tambhakan kaldu sesuai selera
  4. Masukkan ikan. Tunggu hingga matang. Masukkan tomat potong
  5. Sajikan selagi hangat, taburi bawang goreng lebih nikmat

Pemilihan ikan gabus yang kaya protein bukan tanpa alasan. Selain mudah didapat di Sungai Musi, Palembang, juga memiliki tekstur ikan yang lembut dan gurih. Hidangan pindang ikan gabus khas Palembang tampilannya cerah dan aroma kuahnya menggugah selera dan biasanya selalu menjadi makanan wajib wisatawan saat berkunjung ke Bumi Sriwijaya. Biasanya klo bikin pindang serani tuh pake ikan laut ya, ini coba pakai ikan air tawar. Dan cocok banget ya ternyata kepala ikan kuthuk/gabus ini dipindang, ada aroma dan rasa yg lain, dan ternyata kepala ikan kuthuk ini berdaging saya kaget tadi.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pindang Ikan Gabus yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved