Bagaimana Membuat Pempek tanpa Ikan Anti Gagal

Joel Moreno   15/06/2020 03:42

Pempek tanpa Ikan
Pempek tanpa Ikan

Anda sedang mencari ide resep pempek tanpa ikan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek tanpa ikan yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek tanpa ikan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pempek tanpa ikan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Pempek Dos enak lainnya. Resep Pempek Tanpa Ikan - Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Olahan ini terbuat dari campuran tepung dan ikan tenggiri atau tongkol yang diberi kuah cuko.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek tanpa ikan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek tanpa Ikan menggunakan 17 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pempek tanpa Ikan:
  1. Siapkan Bahan :
  2. Gunakan 300 gr tepung tapioka
  3. Siapkan 150 gr tepung terigu
  4. Sediakan 2 butir telur
  5. Ambil 1/2 sdt garam
  6. Ambil 1/4 sdt kaldu sapi
  7. Sediakan 1 sdm gula pasir
  8. Sediakan 110 ml air
  9. Gunakan Bahan isi :
  10. Ambil 2 butir telur kocok lepas
  11. Siapkan Bahan cuko :
  12. Sediakan 100 gr asam jawa
  13. Ambil 150 gr gula merah
  14. Ambil 1/2 sdt garam
  15. Ambil 150 ml air
  16. Gunakan 8 buah cabe rawit merah
  17. Siapkan 3 siung bawang putih

Pempek umumnya dibuat dengan daging ikan yang digiling lembut dan dicampur dengan tepung. Meski demikian, Anda juga dapat membuat pempek tanpa ikan. Nah, pada umumnya makanan ini dibuat dengan campuran ikan. Namun ada juga lho, pempek tanpa ikan yang tak kalah lezat, namanya pempek dos.

Cara membuat Pempek tanpa Ikan:
  1. Siapkan semua bahan
  2. Dalam wadah campur terigu, gula, garam,kaldu dan telur. Uleni
  3. Tambahkan tapioka dan air sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis
  4. Setelah kalis ambil adonan kurang lebih 15 gr, bentuk bulat kemudian pipihkan. Buat cekung untuk tempat telur
  5. Isi bagian cekung adonan dengan kocokan telur,. Kemudian tutup rapat pinggirannya.
  6. Lakukan hingga adonan habis. Siapkan rebusan air yg diberi 1 sdm minyak agar adonan tidak lengket dan menempel satu sama lain
  7. Rebus pempek hingga terapung dan berubah warna agak bening, menandakan sudah matang. Angkat dan tiriskan
  8. Goreng hingga kecoklatan, sajikan dengan kuah cuko dan toping timun
  9. Untuk kuah cuko, haluskan cabe dan bawang putih. Kemudian rebus semua bahan hingga mendidih, setelah matang angkat dan saring. Kuah siap digunakan.

Pempek tanpa ikan ini cukup mudah dibuat di rumah. Bisa juga menjadi inspirasi bisnis rumahan. Berikut ini resep pempek tanpa ikan, seperti dilansir dari haibunda.com dari buku Pempek Resep Favorit Ny. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek tanpa Ikan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved