Cara Gampang Membuat Pempek dos+ cuko, Bisa Manjain Lidah

Vernon Powers   02/08/2020 04:29

Pempek dos+ cuko
Pempek dos+ cuko

Anda sedang mencari inspirasi resep pempek dos+ cuko yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek dos+ cuko yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos+ cuko, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan pempek dos+ cuko yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also add yellow noodles for variations. Origin Pempek is the best-known of Palembang's… Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pempek dos+ cuko sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pempek dos+ cuko menggunakan 16 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pempek dos+ cuko:
  1. Siapkan 1/4 kg tepung terigu
  2. Gunakan 1/2 kg tepung sagu
  3. Sediakan 1 butir telur
  4. Sediakan 1 sachet masako ayam
  5. Siapkan 1 SDM garam
  6. Ambil 1 SDM gula pasir
  7. Sediakan saori saos tiram
  8. Siapkan Bahan cuko
  9. Sediakan 1/4 kg gula aren hitam
  10. Siapkan 1 bungkus asam jawa
  11. Gunakan secukupnya cuka
  12. Ambil 2 SDM Gula
  13. Siapkan 1/2 SDM Garam
  14. Gunakan 6 siung bawang putih
  15. Ambil 1 bungkus ebi
  16. Ambil 500 ml air

Rasanya yang gurih berpadu dengan saos cuko yang segar memng sulit ditolak lidah. Membuat pempek sendiri, ini mungkin perlu dipikirkan ulang mengingat memerlukan usaha yang lumayan dalam membuatnya. Selain itu, kita memerlukan ikan yang dihaluskan. Pempek ekonomis ini dikenal dengan sebutan pempek dos.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek dos+ cuko:
  1. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan ke tepung terigu. Aduk dan tambahkan garam, gula, masako, telur dan saos tiram.
  2. Masukkan sagu sedikit sedikit sampai bisa di bentuk. bentuk bulat atau lonjong atau bisa diisi telur (saya skip yg kapal selam) lalu rebus di air mendidih sampai mengambang/ matang.
  3. Membuat cuko: campur semua bahan dengan air dan direbus. Cicipi sampai sesuai keinginan. kalo mau pedes bisa tambahin cabe rawit.

Bentuk pempek dos persis seperti pempek khas Palembang pada umumnya. Hanya saja bahan baku utama dalam resep pempek dos adalah tepung sagu. Sementara untuk menambahkan rasanya, dibumbui dengan kaldu bubuk serta isian abon pedas. Baca juga: Resep Pempek Palembang, Bisa untuk Jualan Online Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pempek dos+ cuko yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved