Resep Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang Anti Gagal

Frederick Coleman   23/09/2020 10:07

Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang
Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang

Sedang mencari ide resep pindang ikan gabus / masakan khas palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang ikan gabus / masakan khas palembang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada yang gak, saya lebih suka pake terasi lebih. Palembang, IDN Times - Berbicara kuliner, Palembang memang tidak ada habisnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang ikan gabus / masakan khas palembang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan pindang ikan gabus / masakan khas palembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pindang ikan gabus / masakan khas palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang memakai 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang:
  1. Ambil 1 ekor ikan gabus (+/- 800gr), potong2
  2. Ambil 1 ikat kecil kemangi
  3. Ambil 1 buah tomat besar, belah 6
  4. Gunakan 1 batang besar daun bawang, iris2
  5. Siapkan 1 batang besar sereh, geprek
  6. Sediakan 1/2 buah nanas ukuran kecil, potong2
  7. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  8. Siapkan 10 cabe rawit, biarkan utuh
  9. Ambil Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk
  10. Sediakan Secukupnya air
  11. Siapkan Bumbu:
  12. Siapkan 5 siung bawang putih
  13. Sediakan 8 siung bawang merah
  14. Ambil 15 cabe keriting ukuran kecil
  15. Siapkan 1 ruas kunyit
  16. Gunakan 1/2 ruas jahe
  17. Sediakan 1 jempol besar laos
  18. Gunakan 1 iris terasi (*bisa skip)

Ada yang bumbunya pake terasi ada. Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada yang gak, saya lebih suka pake terasi lebih. Salah satu masakan yang bisa digunakan untuk mengolah ikan gabus ini adalah dipindang.

Langkah-langkah membuat Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang:
  1. Siapkan bahan2, bersihkan ikan dan haluskan bumbu.
  2. Rebus air secukupnya lalu campur rata dengan bumbu halus masak sampai mendidih.
  3. Lalu masukkan ikan, sereh, daun jeruk, garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya. Masak dengan api kecil. Biarkan sampai kuah sedikit menyusut dan bumbu meresap.
  4. Setelah hampir matang, masukkan daun bawang, cabe rawit utuh, tomat, nanas dan kemangi. Masak sebentar sampai layu.
  5. Koreksi rasa, angkat sajikan hangat dengan sambal terasi nanas.

Pindang ikan gabus yang diolah dengan berbagai macam bumbu dan rempah tentu akan memberikan cita rasa sedap nan pedas yang akan menggoyang lidah. Berikut adalah resep pindang ikan gabus ala Palembang yang enak dan tentu bikin nagih. Pemilihan ikan gabus yang kaya protein bukan tanpa alasan. Selain mudah didapat di Sungai Musi, Palembang, juga memiliki tekstur ikan yang lembut dan gurih. Hidangan pindang ikan gabus khas Palembang tampilannya cerah dan aroma kuahnya menggugah selera dan biasanya selalu menjadi makanan wajib wisatawan saat berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved