Bagaimana Membuat Tumis Kikil pedas manis yang Sempurna

Owen Simon   06/10/2020 21:54

Tumis Kikil pedas manis
Tumis Kikil pedas manis

Sedang mencari ide resep tumis kikil pedas manis yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tumis kikil pedas manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tumis kikil pedas manis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan tumis kikil pedas manis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Tumis Kikil Tahu Pedas Manis enak lainnya. Dari beragam olahan kikil yang ada, Anda bisa membuat tumis kikil kecap pedas. Makanan ini menawarkan rasa pedas yang menggugah selera.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tumis kikil pedas manis sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Tumis Kikil pedas manis memakai 21 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tumis Kikil pedas manis:
  1. Sediakan 2 bks kikil kuning (rebus 20 menit)
  2. Gunakan Bahan Rebusan Kikil:
  3. Siapkan Daun salam
  4. Sediakan Lengkuas
  5. Ambil Garam
  6. Siapkan Sereh
  7. Gunakan Bahan tumisan
  8. Sediakan 2 centong Air rebusan kikil
  9. Sediakan Saori tiram
  10. Gunakan Lada
  11. Gunakan Garam
  12. Siapkan Kecap manis
  13. Gunakan 5 bawang merah
  14. Sediakan 3 bawang putih
  15. Gunakan 2 rawit oren
  16. Gunakan 4 cabe merah keriting
  17. Gunakan Daun salam
  18. Ambil Sereh
  19. Gunakan Jahe
  20. Siapkan Lengkuas
  21. Ambil Daun jeruk

Tumis Kikil termasuk masakan yang paling mudah dan praktis, cukup diiris kotak, lalu semua bahan seperti cabai, bawang merah, bawang putih semuanya juga. Salah satu olahan kikil sapi yang paling mudah dan tetap lezat adalah dengan cara di tumis atau di oseng dalam waktu agak lama. Rasanya yang gurih, pedas serta manis membuat banyak orang menyukainya. Lihat juga resep Oseng kikil pedas manis enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Tumis Kikil pedas manis:
  1. Tumis sampai harum duo bawang dan duo cabai
  2. Lalu kalau sudah harum tambahkan sedikit air. Daun salam. Daun jeruk. Lengkuas. Sereh dan jahe
  3. Ambil kikil yg sudah direbus tambahkan 2 centong air rebusan kikil. Kikilnya 2 kali rebus ya pertama utk ngilangin kotorannya pake air aja. Kedua buat diambil kuahnya
  4. Lalu aduk2 dulu tumisan kemudian masukan kikil. Tambahkan garam, saori tiram dan lada bubuk
  5. Tambahkan jg kecap manis abc terakhir masukan tomat hijau
  6. Diamkan sampai air saat.
  7. Kalau sudah koreksi rasa. Kalau sudah pas angkat dan sajikan

Langkah-langkah Membuat Oseng Kikil Pedas Manis. Penambahan garam berfungsi agarar kikil empuk dan bau amisnya hilang. Alhamdulillah si Adk juga suka, meskipun sedikit kepedesan buat adk 😀 Apalagi, jika kikil ini dimasak dengan bumbu yang berlimpah dan pedas. Kali ini Vemale akan memberikan resep kikil masak tumis dengan bumbu kecap manis pedas. Tak hanya enak, resep ini juga bakal bikin ketagihan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat tumis kikil pedas manis yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved