Resep Pempek Tanpa Ikan, Lezat Sekali

Gordon Lawrence   27/08/2020 18:44

Pempek Tanpa Ikan
Pempek Tanpa Ikan

Lagi mencari inspirasi resep pempek tanpa ikan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek tanpa ikan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek tanpa ikan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pempek tanpa ikan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Pempek Dos enak lainnya. Resep Pempek Tanpa Ikan - Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Olahan ini terbuat dari campuran tepung dan ikan tenggiri atau tongkol yang diberi kuah cuko.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek tanpa ikan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek Tanpa Ikan memakai 16 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek Tanpa Ikan:
  1. Ambil Bahan Adonan
  2. Sediakan 250 gram Tepung Tapioka
  3. Gunakan 65 gram Tepung terigu
  4. Siapkan 1 butir telur
  5. Siapkan secukupnya Air panas untuk nguleni adonan
  6. Sediakan 1 batang Daun bawang
  7. Siapkan 2 siung Bawang putih
  8. Siapkan secukupnya Garam
  9. Gunakan secukupnya Kaldu jamur
  10. Gunakan Bahan Cuko
  11. Gunakan 1 sdm Udang kering (kalau disini disebut rese)
  12. Siapkan 2 siung Bawang putih
  13. Ambil sesuai selera Cabe merah
  14. Sediakan secukupnya Gula merah
  15. Ambil Asam jawa 1 ruas, kalau kurang asam bisa dikasih cuka
  16. Sediakan secukupnya Garam

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko yang bercerita rasa asam, manis dan pedas. Pempek umumnya dibuat dengan daging ikan yang digiling lembut dan dicampur dengan tepung. Meski demikian, Anda juga dapat membuat pempek tanpa ikan. Nah, pada umumnya makanan ini dibuat dengan campuran ikan.

Langkah-langkah membuat Pempek Tanpa Ikan:
  1. Siapkan bahan, campur tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam wadah, kemudian masukkan kaldu jamur dan garam.
  2. Daun bawang diiris tipis, kemudian masukkan ke dalam adonan tepung bersama telur.
  3. Tambahkan air panas, aduk menggunakan sendok atau centong nasi sampai tercampur rata
  4. Setelah adonan jadi, dibentuk sesuai selera (saya bentuk panjang-panjang) kemudian rebus di air yang sudah dikasih minyak goreng. Tujuannya dikasih minyak goreng biar adonan nggak saling menempel.
  5. Angkat pempek rebus kalau sudah mengapung, kemudian tiriskan.
  6. Goreng pempek sampai kecoklatan biar dalamnya nggak mentah. Saya keburu pengen icip jadi dipotong-potong kecil sebelum digoreng.
  7. Cara bikin Kuah Cuko : rese/udang kering tadi digoreng, terus diulek sama bawang putih dan garam. Gula merah direbus dengan asam jawa, kemudian bumbu ulek dimasukkan tunggu sampai mendidih. Jangan lupa tes rasa sebelum dihidangkan.
  8. Sajikan pempek dengan kuah cuko

Namun ada juga lho, pempek tanpa ikan yang tak kalah lezat, namanya pempek dos. Pempek tanpa ikan ini cukup mudah dibuat di rumah. Bisa juga menjadi inspirasi bisnis rumahan. Berikut ini resep pempek tanpa ikan, seperti dilansir dari haibunda.com dari buku Pempek Resep Favorit Ny. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek tanpa ikan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved