Bagaimana Menyiapkan Santan daun singkong yang Lezat

Julia Brewer   06/08/2020 19:23

Santan daun singkong
Santan daun singkong

Lagi mencari inspirasi resep santan daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal santan daun singkong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari santan daun singkong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan santan daun singkong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Pucuk jawaw bakacak (Daun singkong yg diremas) + leunca kuah santan enak lainnya. Resep daun singkong sehat tanpa santan. Biasanya daun singkong diolah dengan tambahan santan supaya lebih gurih.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah santan daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Santan daun singkong menggunakan 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Santan daun singkong:
  1. Ambil 1 ikat daun singkong
  2. Siapkan 1 bungkus santan kara
  3. Gunakan Bumbu yang di haluskan
  4. Ambil selera Cabe merah
  5. Siapkan 3 siung bawang putih
  6. Ambil 10 siung bawang merah (iris)
  7. Sediakan 3 biji kemiri
  8. Ambil 2 lembar daun salam
  9. Sediakan secukupnya Ketumbar
  10. Gunakan secukupnya Kunyit
  11. Sediakan 1 biji serai(geprek)
  12. Sediakan 1 ruas lengkuas(geprek)
  13. Siapkan secukupnya Garam, gula merah, penyedap rasa
  14. Gunakan secukupnya Air

Berdasarkan artikel-artikel yang pernah saya baca di internet, daun singkong juga mempunyai segudang manfaat antara lain : mencegah penyakit tulang, mengobati reumatik, meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker, mempercepat pemulihan luka, mengatasi sakit kepala dan masih banyak lagi. daun singkong (yam/cassava/sweet potato leaves). These are sold as yam leaves in my nearby Asian market. For this specific dish, kale is the best substitute if you cannot find daun singkong in your grocery store. coconut milk; ground coriander (Indonesian: bubuk ketumbar) ground turmeric (Indonesian: bubuk kunyit). Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan.

Cara menyiapkan Santan daun singkong:
  1. Daun singkong yang udah di cuci, lalu rebus sampai matang(jangan terlalu empuk). Setelah matang, cuci bersih dan peras sampk tak ada air lagi.
  2. Lalu, panas kan minyak goreng, setelah panas goreng bawang merah sampai kecoklatan, setelah itu masukan semua bumbu.
  3. Setelah bumbu tercium Wangi, tambahkan garam gula dan penyedap rasa, lalu masukan daun singkong yang udah di rebus radi, aduk sampai bumbu menyatu dengan daun singkong, langsung masukan santan kara dan tambah air, tunggu sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih, di icip rasanya, kalau udah pas rasanya, lalu sajikan….

Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah. Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat santan daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved