Bagaimana Membuat Pindang Gabus Khas Palembang Anti Gagal

Ivan Chapman   19/08/2020 20:04

Pindang Gabus Khas Palembang
Pindang Gabus Khas Palembang

Lagi mencari inspirasi resep pindang gabus khas palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang gabus khas palembang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang gabus khas palembang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pindang gabus khas palembang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Pindang Gabus Khas Palembang enak lainnya. Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada yang gak, saya lebih suka pake terasi lebih.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pindang gabus khas palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pindang Gabus Khas Palembang memakai 15 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pindang Gabus Khas Palembang:
  1. Gunakan 2 ekor/350 gr ikan gabus, bersihkan lalu potong-potong
  2. Gunakan 2 ruas jari lengkuas, geprek
  3. Ambil 1 batang serai, geprek
  4. Gunakan 3 lembar kecil daun jeruk purut, buang tulangnya
  5. Ambil 1/2 buah tomat, potong-potong
  6. Ambil 2 batang daun bawang, potong-potong
  7. Siapkan 1.5 sdt garam/secukupnya
  8. Ambil 1/2 sdt gula pasir
  9. Ambil 600 ml air
  10. Ambil Bumbu halus :
  11. Siapkan 5 butir bawang merah
  12. Ambil 3 siung bawang putih
  13. Gunakan 3 cm kunyit
  14. Sediakan 1 cm jahe
  15. Sediakan 1/4 sdt terasi bakar

Sup ikan khas Palembang yang rasanya segar, ringan enak banget dimakan sama sambal nanas. Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada. Palembang, IDN Times - Berbicara kuliner, Palembang memang tidak ada habisnya.

Cara menyiapkan Pindang Gabus Khas Palembang:
  1. Didihkan air lalu masukkan bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk dan tomat. Didihkan lagi sebentar
  2. Masukkan ikan, beri garam dan gula pasir. Masak hingga ikan matang
  3. Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang. Didihkan sebentar lalu matikan api. Angkat dan sajikan

Satu lagi makanan Bumi Sriwijaya yang wajib dicoba adalah Pindang Ikan Gabus. Ketika mencicipi, kelezatan cita rasa gurih dari kuah kaldu rempah-rempah, membuat lidah penikmat kuliner tak sabar menyantap, apalagi pindang ikan gabus terhidang hangat. Freshwater fish such as ikan patin (Pangasius sp.), catfish, carp or gourami are popularly used to cook pindang. However, seafood such as red snapper, milkfish, mackerel, tuna, grouper, or shrimp can be cooked as pindang as well. The cleaned fish flesh is boiled in water mixed in spices, including tamarind juice, garlic, shallot.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang gabus khas palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved