Bagaimana Membuat Pindang ikan gabus, Lezat

Cordelia Pope   05/07/2020 06:26

Pindang ikan gabus
Pindang ikan gabus

Anda sedang mencari ide resep pindang ikan gabus yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang ikan gabus yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang ikan gabus, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pindang ikan gabus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

PINDANG IKAN GABUS DAN MUDA LAOS enak lainnya. Keluarga ku klo soal masakan paling suka yg berkuah, apalagi menu yang satu ini. Dulu biasa aku beli di restoran Palembang dan sekali makan cukup menguras kantong.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pindang ikan gabus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pindang ikan gabus menggunakan 13 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pindang ikan gabus:
  1. Ambil 1 kg ikan gabus
  2. Ambil 1 batang daun bawang
  3. Sediakan 1 tomat
  4. Ambil 5 cabe merah
  5. Sediakan 3 cabe rawit
  6. Siapkan 2 lembar daun salam
  7. Gunakan 6 siung b.merah
  8. Siapkan 4 siung b.putih
  9. Ambil 2 batang sereh
  10. Ambil 5 cm jahe
  11. Siapkan 5 cm laos
  12. Siapkan 5 cm kunyit
  13. Siapkan Secukupnya guladan garam

Resep Pindang Ikan Gabus / Masakan Khas Palembang. Sup ikan khas Palembang yang rasanya segar, ringan enak banget dimakan sama sambal nanas. Boleh ditambah potongan nanas biar tambah asem manis seger, orang melayu suka banget memasukkan nanas di setiap masakan. Ada yang bumbunya pake terasi ada.

Cara menyiapkan Pindang ikan gabus:
  1. Cuci bersih dan potong2 ikan sesuai selera. Haluskan cabe, bawang, kunyit, geprek jahe, serai, dan laos, jika sdh halus campurkan ikan sg bumbunya. Tomat dan daun bawang dipotong potong
  2. Didihkan air lalu masukkan ikan beserta bumbu
  3. Lalu tambahkan gula dan garam, masak kurleb 20 menit, terakhir masukkan daun bawang dan tomat

Biasanya klo bikin pindang serani tuh pake ikan laut ya, ini coba pakai ikan air tawar. Dan cocok banget ya ternyata kepala ikan kuthuk/gabus ini dipindang, ada aroma dan rasa yg lain, dan ternyata kepala ikan kuthuk ini berdaging saya kaget tadi. Pemilihan ikan gabus yang kaya protein bukan tanpa alasan. Selain mudah didapat di Sungai Musi, Palembang, juga memiliki tekstur ikan yang lembut dan gurih. Hidangan pindang ikan gabus khas Palembang tampilannya cerah dan aroma kuahnya menggugah selera dan biasanya selalu menjadi makanan wajib wisatawan saat berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pindang ikan gabus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved