Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Bakar Serba Rasa yang Sempurna

Kathryn Davis   06/08/2020 10:10

Ayam Bakar Serba Rasa
Ayam Bakar Serba Rasa

Lagi mencari inspirasi resep ayam bakar serba rasa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bakar serba rasa yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar serba rasa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam bakar serba rasa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Kenapa saya kasih judul Ayam Bakar Serba Rasa? Karena ada beberapa macam rasa bumbunya : pedas, manis, gurih dan asem. Orderan suami yang pengen ayam bakar, bosen katanya ayam goreng terus.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam bakar serba rasa yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Bakar Serba Rasa menggunakan 12 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Bakar Serba Rasa:
  1. Siapkan 2 dada ayam tanpa sayap (berat kurleb 300gr), cuci bersih
  2. Ambil 75 ml air asam jawa (2 mata asam + air)
  3. Ambil 2 sdm kecap manis
  4. Siapkan 1 sdm gula merah aren/secukupnya
  5. Siapkan Bumbu halus : ulek biasa
  6. Ambil 3 butir bawang merah
  7. Siapkan 2 siung bawang putih
  8. Siapkan 2 buah cabe merah keriting
  9. Gunakan 3 buah cabe rawit merah besar
  10. Ambil 3 butir kemiri
  11. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  12. Sediakan 1 sdt garam/secukupnya

Kerja keras dan cemo'ohan membangkitkan tekad dan menjadikan. Resep Ayam Bakar Manis - Siapa sih yang nggak suka makan ayam bakar manis. Daging ayam empuk dengan aroma harum khas pembakaran menjadikan sajian ini memiliki cita rasa tersendiri. Lihat juga resep Ayam Bakar Teflon enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Ayam Bakar Serba Rasa:
  1. Siapkan bahan-bahan. Tusuk-tusuk ayam dengan garpu supaya bumbu meresap sampe kedalam saat diungkep nanti
  2. Marinasi dada ayam dengan bumbu halus, kecap manis dan gula merah aren (gula merah arennya dihaluskan dulu) kurleb 15-30 menit
  3. Campur ayam yang sudah dimarinasi dengan air asam jawa dalam panci/wajan. Ungkep hingga airnya habis dan mengental. Diamkan lagi hingga saat ayam mau dipanggang/bakar supaya bumbu makin meresap
  4. Panggang/bakar ayam hingga berwarna kecoklatan sambil sesekali dioles sisa bumbu. Angkat dan sajikan

Memang tidak ada habisnya menikmati olahan masakan yang berasal dari daging ayam. Selalu ada saja kreasi baru yang bisa dijadikan menu andalan, baik di setiap cafe ataupun rumah makan. Berbicara ayam bakar, tentunya sudah tidak asing lagi. Menu ayam bakar bisa jadi sajian andalan keluarga di meja makan kamu. Kredit resipi: penmerahdotcom Resep ayam bakar bumbu rujak memiliki cita rasa yang gurih & bumbunya yang sedikit pedas ini, di jamin mampu menggugah selera makan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Bakar Serba Rasa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved