Cara Gampang Membuat Es Daluman santan khas Lombok (Cincau Hijau) yang Lezat

Owen Gomez   25/09/2020 02:21

Es Daluman santan khas Lombok (Cincau Hijau)
Es Daluman santan khas Lombok (Cincau Hijau)

Lagi mencari ide resep es daluman santan khas lombok (cincau hijau) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal es daluman santan khas lombok (cincau hijau) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari es daluman santan khas lombok (cincau hijau), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan es daluman santan khas lombok (cincau hijau) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Dapet bahan daun daluman dari saudara 😁. Campurkan daluman, gula cair, santan dan es secukupnya. Es daluman siap untuk disajikan 😁.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat es daluman santan khas lombok (cincau hijau) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Es Daluman santan khas Lombok (Cincau Hijau) memakai 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Es Daluman santan khas Lombok (Cincau Hijau):
  1. Sediakan 1 Sdt garam
  2. Gunakan 60 lembar daun cincau hijau
  3. Ambil 800 ml santan kelapa perasan pertama
  4. Sediakan 1 blok gula aren
  5. Siapkan Secukupnya nangka yang dipotong kotak-kotak
  6. Siapkan 2 lembar daun pandan
  7. Ambil 1 Sdt vanili cair (boleh skip)
  8. Siapkan 500 ml air matang
  9. Siapkan 300 ml air untuk merebus gula aren

Es daluman ini memang memiliki ciri khas tersendiri yaitu selain memiliki rasa yang. RESEP MINUMAN ES DALUMAN KHAS BALI. Daluman adalah Minuman Tradisional Bali sejenis Cincau Hijau yang memiliki nama lokal seperti camcao, juju dan kepleng. Masyarakat Sunda menyebutnya camcauh atau tahulu.

Cara menyiapkan Es Daluman santan khas Lombok (Cincau Hijau):
  1. Membuat cincau : beri air daun cincau hijau beri sedikit air lalu remas remas hingga air menjadi warna hijau, setelah itu beri sedikit air lagi lalu remas remas, saring, dan diamkan selama 20 menit (agar mengeras seperti jelly)
  2. Membuat gula merah cair : didihkan air 300 ml (jika merasa kemanisan tambah airnya), masukan gula merah, aduk hingga larut atau air berubah warna menjadi coklat, lalu tambahkan buah nangka, aduk hingga mendidih (lebih kental lebih baik)
  3. Membuat santan : rebus santan bersama daun pandan hingga mendidih tambahkan 1sdt vanili dan sedikit garam
  4. Penyajian : potong cincau hijau sesuai selera ke dalam mangkuk, lalu tuang sesuai selera gula merah dan santan sesuai selera, aduk dan masukan kedalam kulkas, selamat mencoba

Minuman Segar ini banyak juga disukai di Bulan Ramadhan Bulan Puasa Umat Muslim di Indonesia. Es cincau khas bali yang unik menggunakan kelapa bakar. Tuang santan ke dalam mangkuk dan sirup gula merah. Cara Membuat Es Daluman Khas Bali. Untuk proses pembuatan es daluman, bahan utama yang diperlukan tentunya adalah daluman atau cincau.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan es daluman santan khas lombok (cincau hijau) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved