Resep Daun Singkong Masak Santan yang Bikin Ngiler

Duane Carson   17/08/2020 04:36

Daun Singkong Masak Santan
Daun Singkong Masak Santan

Anda sedang mencari inspirasi resep daun singkong masak santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal daun singkong masak santan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Menu masakan santan menjadi favorit dirumah. Karena bpk memang asli suku jawa, jadi setiap seminggu sekali pasti wajib masak sayur santan apapun. Sayur daun singkong ini menjadi salah satu menu favorit juga dirumah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari daun singkong masak santan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan daun singkong masak santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat daun singkong masak santan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Daun Singkong Masak Santan memakai 23 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Daun Singkong Masak Santan:
  1. Gunakan 1 ikat daun singkong, petik daunnya
  2. Gunakan 5 buah tahu, potong jadi 2
  3. Gunakan 3 lembar daun salam
  4. Ambil 2 lembar daun jeruk
  5. Siapkan 2 ruas jari lengkuas, pipihkan
  6. Sediakan 2 sendok teh gula pasir
  7. Siapkan 1 sendok teh garam
  8. Sediakan 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  9. Siapkan 1/4 sendok teh merica bubuk
  10. Sediakan 1 bungkus kecil santan instan (saya pakai kara yang kecil uk.65ml)
  11. Sediakan secukupnya Garam dan gula
  12. Ambil 2 buah cabai merah besar, iris serong
  13. Ambil Bumbu halus:
  14. Sediakan 1 ikat daun singkong, petik daunnya
  15. Gunakan 5 siung bawang merah
  16. Ambil 3 siung bawang putih
  17. Sediakan 2 buah cabe merah besar + 2 buah cabe merah keriting
  18. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  19. Ambil 5 butir kemiri sangrai
  20. Gunakan 1 ruas jari kunyit
  21. Siapkan 1 ruas jari jahe
  22. Sediakan 1 batang serai ambil bagian putihnya saja
  23. Siapkan minyak untuk menumis

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Masak sampai bumbu-bumbu masak, baru masukkan rebusan daun. Daun Singkong selain dimasak dengan santan, dioseng begini boleh juga lho. meskipun tampilannya cuma sederhana gini. . Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai.

Langkah-langkah membuat Daun Singkong Masak Santan:
  1. Rebus daun singkong dengan 1 sdt garam hingga empuk. Sisihkan
  2. Tumis bumbu halus dengan daun salam, daun jeruk dan lengkuas hingga harum
  3. Rebus air hingga mendidih, masukkan daun singkong dan tumisan bumbu, aduk rata
  4. Masak hingga bumbu meresap, beri garam dan gula sesuai selera. Sesaat sblm matikan api, masukkan tahu, aduk rata. Jika rasa sudah pas, matikan api

Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah. Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera. Masukkan udang dan daun singkong yg telah direbus. Kemudian bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Daun Singkong Masak Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved