Langkah Mudah untuk Membuat Pempek Dos Ebi Anti Gagal

Esther Brooks   20/07/2020 04:05

Pempek Dos Ebi
Pempek Dos Ebi

Sedang mencari ide resep pempek dos ebi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek dos ebi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos ebi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pempek dos ebi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Pempek Dos Tanpa Ikan + Resep Kuah Cuko dan Ebi Resep dari : Teh Agie (pempek) dan Thia's Dish (Kuah Cuko). Tp masih blm bisa kepasar dan di kang sayur ada ebi. Resep Pempek DOS Bumbu Ebi (tanpa ikan).

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek dos ebi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Dos Ebi memakai 17 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pempek Dos Ebi:
  1. Ambil 12 sdm Tepung terigu
  2. Ambil 24 sdm Tepung sagu tani
  3. Sediakan 3 butir Telur ayam
  4. Ambil 250 ml Air
  5. Gunakan 1/2 ons eby haluskan
  6. Gunakan 5 butir bawang putih, haluskan
  7. Sediakan 1/2 sdt Merica bubuk
  8. Siapkan secukupnya Garam
  9. Gunakan secukupnya Kaldu jamur
  10. Sediakan Bahan cuko
  11. Siapkan 1 sdm asam jawa
  12. Sediakan 500 ml Air
  13. Siapkan 10 Cabe rawit
  14. Sediakan 4 butir Bawang putih
  15. Siapkan Gula pasir
  16. Siapkan 2 keping Gula aren
  17. Siapkan secukupnya Garam

Selain racikan bumbu yang tepat, anda juga bisa menambahkan ebi kering untuk memperkaya citarasanya. Atau, Moms bisa membuat pempek dos versi premium dengan penggunaan ebi daripada kaldu. Tinggal direndam dan dihaluskan, lalu campur dengan ebi yang sudah diseduh dan bahan-bahan lain. Jadilah pempek dos dengan aroma seafood yang kuat.

Cara membuat Pempek Dos Ebi:
  1. Campurkan terigu, air, eby, bawang, garam dan totole. Aduk hingga rata. Lalu panas kan api sedang. Aduk terus hingga mengental. Diamkan sebentar
  2. Lalu campur adonan terigu dengan 1butir telur lalu tambahkan tapioka sedikit demi sedikit sampe kalis dan tidak lengket. Tes rasa.
  3. Membuat pempek kapal selam. Kocok2 butir telur. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan bentuk seperti mangkok. Beri isian telur. Lalu rekatkan.
  4. Lalu jika membuat adaan atau pempek lenjer. Tinggal ambil sedikit adonan bentuk bulat, atau lonjong. Lakukan hingga adonan habis. Lalu rebus hingga pempek mengapung
  5. Untuk cuko campur semua bahan. Aduk tes rasa. Jika sudah sesuai. Saring ampasnya.
  6. Goreng pempek. Lalu tambahkan cuko, mentimun dan mie.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini resep pempek dos dari nasi putih sisa dan ebi yang bisa dicoba di rumah. Pembuatan pempek udang kering ini sama halnya dengan pempek telor atau pempek pistel. Buat adonan pempek dos menjadi bentuk bola-bola sebesar bola ping pong. Buat seperti mangkuk (lihat cara membuat pempek kapal selam… Variant pempek lagi nih teman-teman. Serupa dengan pempek tanpa ikan lainnya seperti pempek pistel tanpa ikan disini, atau pempek panggang tanpa ikan disini.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek dos ebi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved