Cara Gampang Membuat (1.11) Pempek Dos (Tanpa Ikan) Anti Gagal

Janie Day   09/07/2020 01:16

(1.11) Pempek Dos (Tanpa Ikan)
(1.11) Pempek Dos (Tanpa Ikan)

Lagi mencari inspirasi resep (1.11) pempek dos (tanpa ikan) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal (1.11) pempek dos (tanpa ikan) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari (1.11) pempek dos (tanpa ikan), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan (1.11) pempek dos (tanpa ikan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. RESEP — Nama pempek DOS memang terdengar unik dan asing.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan (1.11) pempek dos (tanpa ikan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat (1.11) Pempek Dos (Tanpa Ikan) menggunakan 20 bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan (1.11) Pempek Dos (Tanpa Ikan):
  1. Gunakan Bahan Biang:
  2. Ambil 400 ml air
  3. Sediakan 200 gr tepung terigu serbaguna
  4. Gunakan 1 sdm garam
  5. Siapkan 1 sdt gula pasir
  6. Gunakan Bahan Adonan:
  7. Siapkan 3 butir telur, kocok lepas
  8. Siapkan 5 buah bawang putih, haluskan
  9. Siapkan 400 gr tepung sagu/tapioka
  10. Siapkan Bahan Isian:
  11. Gunakan 2 butir telur, kocok lepas
  12. Siapkan Sejumput garam
  13. Ambil Bahan Cuko:
  14. Gunakan 250 gr gula aren / gula merah
  15. Ambil 500 ml air
  16. Gunakan Secukupnya cabe merah / cabe rawit (sesuaikan selera), haluskan
  17. Gunakan 10 buah bawang putih, haluskan
  18. Sediakan 30 gr asam jawa
  19. Siapkan 3 sdm air jeruk nipis (resep asli 1 sdm cuka)
  20. Sediakan 1 sdm kecap manis (resep asli 2 sdm)

Namun ada juga lho, pempek tanpa ikan yang tak kalah lezat, namanya pempek dos. Pempek tanpa ikan ini cukup mudah dibuat di rumah. Bisa juga menjadi inspirasi bisnis rumahan. Berikut ini resep pempek tanpa ikan, seperti dilansir dari haibunda.com dari buku Pempek Resep Favorit Ny.

Cara menyiapkan (1.11) Pempek Dos (Tanpa Ikan):
  1. CUKO: Campur semua bahan (kecuali air jeruk nipis/cuka), aduk rata, masak hingga mendidih. Saring, tunggu hangat, masukkan air jeruk nipis/cuka, sisihkan
  2. PEMPEK: campur semua bahan biang, aduk rata hingga tidak ada yg bergerindil
  3. Nyalakan api, aduk terus, masak dg api sedang hingga menggumpal, sisihkan hingga dingin
  4. Setelah dingin, Masukkan bahan adonan (telur + bawang putih), aduk rata. Masukkan tepung sagu/tapioka bertahap, uleni perlahan menggunakan tangan hingga bisa dibentuk
  5. Ambil sedikit adonan, bulatkan, tekan bagian tengah hingga membentuk mangkok
  6. Tuang campuran bahan isian 3/4 penuh, tekan & rapatkan bagian ujung (bentuk telur kecil)
  7. Bentuk lenjer kecil
  8. Didihkan air + 3 sdm minyak, rebus hingga pempek mengapung, tiriskan
  9. Tunggu hingga dingin, lalu balur dg tepung sagu/tapioka agar tidak saling menempel, simpan di chiller/freezer utk digoreng kemudian
  10. Jika langsung di goreng, Panaskan minyak secukupnya dg api kecil, goreng pempek hingga keemasan
  11. Sajikan pempek dg mie rebus + potongan timun + bubuk ebi (jika ada) + cuko

Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Lihat juga resep Pempek Dos enak lainnya. Siapkan bahan-bahan lalu campur bahan biang dalam panci. Yap, pempek sekarang bisa Anda nikmati kapanpun dirumah tanpa perlu membelinya di penjual pempek.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan (1.11) Pempek Dos (Tanpa Ikan) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved