Cara Gampang Menyiapkan Donat Maizena yang Bisa Manjain Lidah

Henrietta Kelley   27/08/2020 02:19

Donat Maizena
Donat Maizena

Lagi mencari ide resep donat maizena yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal donat maizena yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep donat maizena mungkin belum banyak yang tahu, atau bisa jadi sudah tahu tapi belum mencoba dan bisa jadi tidak tahu sama sekali. Penggunaan maizena pada donat memang terhitung tidak umum, tapi ada. Maizena adalah tepung jagung yang memang tidak lazim dipakai dalam pembuatan kue donat.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat maizena, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan donat maizena yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat donat maizena yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Donat Maizena menggunakan 10 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Donat Maizena:
  1. Siapkan 260 gr tepung terigu protein tinggi
  2. Gunakan 30 gr tepung maizena
  3. Sediakan 6 gr ragi instan
  4. Sediakan 1 sdm susu bubuk
  5. Ambil 45 gr gula pasir
  6. Sediakan 1 butir telur
  7. Sediakan 125 susu cair
  8. Sediakan 40 gr margarin
  9. Gunakan 1/4 sdt garam
  10. Sediakan Secukupnya minyak untuk menggoreng

Demikian cara membuat Donat Maizena yang sangat menggugah selera dengan cita rasa gurih dan enak yang dimilikinya. Resep ini teramat gampang sekali untuk dicoba di rumah kamu dengan bahan yang tidak terlalu susah dan sulit serta teknis pembuatannya pun terbilang cukup simple Menu ini bisa anda sajikan sebagai alternatif hidangan. Donat Maizena Empuk Sudah lama save resep tapi baru eksekusi,sebenernya pakai resep Yunda Yun tapi aku kombine sama resep Ncc yg udah cinta mati jadi mix dan empuuk bgt. Resep Donut maizena By yunda yun.

Cara membuat Donat Maizena:
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung maizena, ragi instan, susu bubuk dan gula pasir, aduk rata
  2. Tambahkan telur lalu tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni. Kalau adonan sudah tidak lengket hentikan penuangan susu cair, karena waktu saya tuang susu semuanya hasil adonannya agak lengket. Uleni adonan sampai setengah kalis
  3. Kemudian tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai kalis elastis. Setelah kalis elastis bulatkan adonan lalu tutup dengan serbet atau plastik wrap. Biarkan mengembang 2x lipat (saya sekitar 1jam)
  4. Setelah mengembang 2x lipat kempeskan adonan. Lalu potong/bagi adonan sesuai selera (saya 45 gr) lalu tata di atas loyang yang ditaburi tepung terigu. Diamkam lagi sampai mengembang atau sekitar 30 menit. Kali ini saya proofing dulu baru dilubangi
  5. Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Goreng donat sampai matang atau berwarna kuning kecoklatan. Sekali balik saja supaya tidak menyerap banyak minyak. Setelah matang angkat dan tiriskan
  6. Setelah donat dingin beri topping sesuai selera. Saya pakai white chocolate blok yang dilelehkan lalu diberi choco chips warna-warni.

Masukkan semua bahan menjadi satu seperti terigu, telur, gula pasir tepung maizena, dan susu bubuk kecuali mentega bund ya, lalu aduk sampai rata kemudian masukkan mentega dan aduk rata. kalau adonan di rasa terlalu lengket bunda menambahkan segenggam. Coba bikin donat maizena dari Dapur Mommynya Ozan ini. Cara bikinnya simpel dan rasanya pun lembut banget. Tapi kita harus tahu tipsnya bila ingin menghasilkan donat yang lembut dan empuk, bahkan bisa bertahan hingga beberapa hari. Tips ku saat membuat donat adalah menambahkan tepung maizena di dalam resepnya dan menggunakan bahan yang berkualitas.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan donat maizena yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved