Resep Es cincau hijau Anti Gagal

Antonio Rowe   25/09/2020 05:43

Es cincau hijau
Es cincau hijau

Sedang mencari inspirasi resep es cincau hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal es cincau hijau yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari es cincau hijau, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan es cincau hijau yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Es cincau hijau/ es caon enak lainnya. Cara Membuat Es Cincau Hijau Segar - Siang - siang sepertinya paling enak adalah minum yang segar - segar. Es cincau hijau adalah salah satu minuman yang tepat untuk anda nikmati disiang hari seperti ini.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan es cincau hijau sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Es cincau hijau menggunakan 15 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Es cincau hijau:
  1. Gunakan 2 genggam daun cincau hijau
  2. Ambil 2 liter air matang hangat kuku
  3. Ambil 1 sdm air jeruk nipis
  4. Siapkan Secukupnya air panas untuk merendam daun cincau
  5. Siapkan Bahan untuk gula dan kuah es:
  6. Ambil 250 g gula merah
  7. Ambil 100 g gula pasir
  8. Siapkan 600 ml air untuk rebus gula
  9. Gunakan 2 bungkus santan instan kecil
  10. Ambil 2 liter air untuk rebus santan
  11. Sediakan 2 sdt garam
  12. Sediakan 2 lembar daun pandan
  13. Ambil Bahan pelengkap:
  14. Ambil Secukupnya kental manis putih
  15. Gunakan Secukupnya es batu

Tidak harus beli minuman jadi diluar, bikin sendiri dirumah lalu dinikmati bersama keluarga sambil santai justru lebih terjamin keamanannya. Cincau hijau daun cincau hijau es cincau Bang Thoyyib es cincau hijau es cincau pengging YouTube. Es cincau hijau terbuat dari daun cincau yang proses pembuatannya dengan cara manual tanpa menggunakan alat bantu, atau bisa dikatakan dengan menggunakan tangan kita sendiri. Mungkin masih banyak di antara Anda yang belum mengetahui manfaat dan khasiat minuman Cincau hijau.

Langkah-langkah menyiapkan Es cincau hijau:
  1. Cuci bersih daun cincau. Rendam dengan air panas sebentar. Tiriskan.
  2. Masukkan daun cincau ke dalam air hangat yang sudah dicampur air jeruk nipis, remas2 hingga keluar buih dan lendir. Remas hingga semua air terasa mengental. Jika sudah, saring airnya. Kemudian diamkan cairan cincau hingga mengeras/masukkan ke dalam kulkas untuk mempercepat proses pengerasan. Hasilnya cincau seperti puding jelly.
  3. Cairan gula: rebus gula merah, gula pasir dan 1 lembar daun pandan ke dalam 600 ml air hingga tercampur rata dan mendidih. Aduk perlahan hingga cairan gula mulai kental. Matikan api. Saring cairan gula jika sudah hangat/dingin.
  4. Cairan santan: campur santan instan ke dalam 2 liter air, masukkan juga daun pandan dan garam. Aduk rata. Rebus dengan api kecil. Aduk perlahan agar santan tidak pecah. Rebus hingga cairan santan mendidih sambil terus diaduk. Matikan api lalu dinginkan.
  5. Saran penyajian: Masukkan cairan gula secukupnya ke dalam gelas saji. Ambil cincau dengan sendok, lalu masukkan ke dalam gelas secukupnya. Beri kental manis 1-2 sdm sesuai selera. Masukkan es batu dan cairan santan. Koreksi rasa. Sajikan 😋

Makin jarang orang yang tahu khasiat cincau hijau , membuat campuran minuman segar berupa gel ini, kurang diminati warga Kota Bandung padahal minuman cincau hijau sarat akan manfaat. Resep es cincau dengan bahan utama cincau hijau atau cincau hitam ( janggelan ) mudah dan gampang membuatnya. Dengan tambahan susu kental manis jadilah minuman cincau spesial. Apa lagi jika di tambah bahan lain akan tercipta minuman segar dari bahan dasar cincau ini. Es cincau merupakan salah satu minuman segar yang umumnya memakai bahan utama jelly ataupun agar-agar yang terbuat dari tumbuhan daun cincau seperti pada umumnya disebutkan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat es cincau hijau yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved