Resep Sayur Daun Singkong Santan, Enak

Willie Santos   27/09/2020 06:13

Sayur Daun Singkong Santan
Sayur Daun Singkong Santan

Anda sedang mencari ide resep sayur daun singkong santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur daun singkong santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Umbi dikenal sebagai sumber karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Sayur daun singkong memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya memiliki banyak manfaat, sayur ini juga sangat nikmat dan mudah untuk divariasikan dengan bahan makanan apa saja.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur daun singkong santan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur daun singkong santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur daun singkong santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur Daun Singkong Santan memakai 22 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Daun Singkong Santan:
  1. Sediakan 3 ikat daun singkong muda
  2. Siapkan 2 ruas jari lengkuas (geprek)
  3. Ambil 2 ruas jari jahe(geprek)
  4. Sediakan 2 lembar daun salam
  5. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  6. Gunakan Cabe rawit merah, buat taburan diatas nya (sesukanya)
  7. Siapkan Bumbu halus :
  8. Siapkan 6 Cabe merah keriting
  9. Gunakan 4 cabe rawit merah
  10. Siapkan 2 ruas jari kunyit
  11. Gunakan 7 siung bawang merah
  12. Ambil 5 siung bawang putih
  13. Ambil 4 butir kemiri
  14. Gunakan 1/2 sdt ketumbar
  15. Gunakan lada secukup nya
  16. Siapkan secukupnya Gula merah
  17. Siapkan air
  18. Ambil santan kental dan santan encer dari 1 kelapa yg tua
  19. Siapkan minyak sedikit untuk menumis
  20. Gunakan garam
  21. Ambil 1/2 ons ikan teri medan
  22. Ambil 1/2 ons ebi

Umbi dikenal sebagai sumber karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.

Cara membuat Sayur Daun Singkong Santan:
  1. Daun singkong di siangin daru batangnya, dicuci bersih lalu digodok dengan air yang sudah mendidih terlebih dahulu. Rebus daun singkong diberi garam sedikit..Tunggu sampai air nya menyusut & daun singkong empuk.
  2. Sambil nunggu daun singkong empuk. Siapkan bumbu halus dan yang digeprek. (Cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, sereh). Halus kan bahan bahan ny..sisihkan
  3. Peras parutan kelapa, menjadi 2 bagian pisahkan santan encer & santan kental.
  4. Goreng ikan teri dan ebi supaya mateng dengan api kecil. Sisihkan
  5. Jika sudah empuk daun singkong dan air telah menyusut, pindahkan tunggu dingin lalu peras dan potong jadi 2 bagian.
  6. Tumis bumbu halus di dalam minyak dikit + daun jeruk+daun salam+ Serah digeprek + ikan teri dan ebi yg sudah digoreng terlebih dahulu. jjka sudah matang bumbu + santan encer aduk aduk sebentar kemudian masukan daun singkong yang sudah dipotong menjadi 2. Tunggu sampai matang agak empuk daun singkong nya + santan kental. Beri sedikit lada.+ gula merah..koreksi rasa. Tambahkan cabe rawit merah supaya ada seger Aduk aduk terus agar santan tidak pecah. Angkat dan taburkan bawang goreng.

Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur daun singkong santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved