Bagaimana Membuat Pindang Daun Singkong Bersantan Anti Gagal

Julian Bowers   01/12/2020 03:50

Pindang Daun Singkong Bersantan
Pindang Daun Singkong Bersantan

Lagi mencari inspirasi resep pindang daun singkong bersantan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang daun singkong bersantan yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Pindang Daun Singkong Bersantan favorit. #CABEKU Hari ini masih dirumah aja, baru pertama ikut dan masih belajar untuk menulis di Cookpad mohon bantuannya ya semuanya ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š menu hari ini adalah menu kesukaan Almarhum Akung atau mbah lanang, biasanya beliau kalau makan sayur yang bersantan. Pindang Daun Singkong Bersantan #CABEKU Hari ini masih dirumah aja, baru pertama ikut dan masih belajar untuk menulis di Cookpad mohon bantuannya ya semuanya ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š menu hari ini adalah menu kesukaan Almarhum Akung atau mbah lanang, biasanya beliau kalau makan sayur yang bersantan atau lodeh dicampur pindang. Biasanya, daun singkong diolah menjadi masakan bersantan, seperti opor daun singkong.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang daun singkong bersantan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan pindang daun singkong bersantan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pindang daun singkong bersantan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pindang Daun Singkong Bersantan menggunakan 17 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Pindang Daun Singkong Bersantan:
  1. Gunakan 8 buah bawang merah
  2. Siapkan 4 siung bawang putih
  3. Gunakan 1/2 sdt ketumbar, sangrai
  4. Sediakan 2 ruas jari kunyit, bakar / goreng
  5. Ambil 5 lbr daun jeruk
  6. Ambil 3 buah kemiri, sangrai(q ganti kacang goreng 1 sdm)
  7. Gunakan 2 bh cabai merah besar
  8. Gunakan 2 ruas jari lengkuas
  9. Gunakan 7 bh cabai rawit
  10. Gunakan 3 bh tomat, iris kasar(q pakai 2,5)
  11. Gunakan 700 ml santan kental sedang
  12. Siapkan 2 bh serai, geprek
  13. Gunakan 4 bh pindang keranjang
  14. Siapkan 1 genggam daun singkong yang udah direbus
  15. Siapkan 1/2 sdt lada butiran
  16. Gunakan 1/2 sdm Garam
  17. Ambil 1 sdm gula

Bumbu Urap - Daun singkong berasal dari tanaman singkong atau ketela pohon. Daun singkong tidak hanya kaya akan manfaat, daun singkong juga mudah ditemui dan tidak terlu mahal untuk kebutuhan sehari-hari. Patut diketahui bahwa mengolah daun singkong gampang-gampang susah. Daun singkong harus diolah dengan seksama agar rasanya lebih mudah diterima lidah.

Langkah-langkah membuat Pindang Daun Singkong Bersantan:
  1. Siapkan semua bahan dan blender bumbu kecuali tomat dan cabai rawit sampai halus
  2. Siapkan santan, tumis bumbu yg sudah diblender hingga harum, tambahkan cabai dan tomat iris oseng sebentar
  3. Masukkan santan, ikan pindang dan daun singkong biarkan sampai mendidih baru tambah garam dan gula sesuai selera.koreksi rasa matikan api, siap dihidangkan
  4. Semoga berkenan dengan resep ini ๐Ÿ˜ŠSalam Semangat……๐Ÿ˜‰

Daun singkong merupakan salahsatu jenis sayuran yang banyak tersedia di Indonesia yang juga memiliki rasa dan kandungan gizi tidak kalah denganayuran lainnya. Lihat juga resep Poki Poki Santan Manado enak lainnya. Resep sayur daun singkong ini sangat mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapatkan di pasar tradisional dan supermarket. Anda tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan daun singkong segar untuk membuat hidangan ini, karena daun singkong adalah sayuran yang tetap tumbuh di musim apapun. Daun singkong sangat cocok disantap dengan nasi hangat, lauk bersantan, atau jenis lauk lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pindang Daun Singkong Bersantan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved