Resep Es Cincau hijau yang Sempurna

Leroy Fitzgerald   18/11/2020 00:00

Es Cincau hijau
Es Cincau hijau

Sedang mencari inspirasi resep es cincau hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal es cincau hijau yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Es cincau hijau/ es caon enak lainnya. Cara Membuat Es Cincau Hijau Segar - Siang - siang sepertinya paling enak adalah minum yang segar - segar. Es cincau hijau adalah salah satu minuman yang tepat untuk anda nikmati disiang hari seperti ini.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari es cincau hijau, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan es cincau hijau yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah es cincau hijau yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Es Cincau hijau memakai 13 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Es Cincau hijau:
  1. Sediakan daun cincau
  2. Sediakan secukupnya air matang hangat
  3. Sediakan Untuk cairan gula :
  4. Gunakan 200 gr Gula merah
  5. Sediakan 300 ml air
  6. Sediakan secukupnya gula pasir
  7. Sediakan 1 lbr daun pandan
  8. Ambil 1 sdm tepung tapioka
  9. Siapkan Untuk cairan santan :
  10. Gunakan 65 ml santan instan
  11. Sediakan secukupnya air
  12. Ambil sedikit garam
  13. Gunakan 1 lbr daun pandan

Tidak harus beli minuman jadi diluar, bikin sendiri dirumah lalu dinikmati bersama keluarga sambil santai justru lebih terjamin keamanannya. Lihat juga resep Es Cincau Hijau enak lainnya. Cincau hijau daun cincau hijau es cincau Bang Thoyyib es cincau hijau es cincau pengging YouTube. Es cincau hijau terbuat dari daun cincau yang proses pembuatannya dengan cara manual tanpa menggunakan alat bantu, atau bisa dikatakan dengan menggunakan tangan kita sendiri.

Cara membuat Es Cincau hijau:
  1. Rendam daun cincau dengan air secukupnya
  2. Remas remas daun hingga air berubah warna jadi semakin gelap. Lalu saring taruh taruh dalam wadah (simpan di lemari es)
  3. Untuk sirup Gula merah. Rebus air, gula merah, gula pasir, garam dan pandan (sampai Gula merah meleleh) tambahkan tepung tapioka yg sdh diencerkan dg sedikit air. Aduk rata. Setelah mendidih matikan kompor
  4. Saring air rebusan gula merah. Sisihkan
  5. Didihkan santan dan air serta pandan, beri sedikit garam.
  6. Setelah jadi semuanya susun dalam wadah / gelas. Cincau + gula + santan + es batu + air sesuai selera.. es cincau homemade siap diminum… 😉

Mungkin masih banyak di antara Anda yang belum mengetahui manfaat dan khasiat minuman Cincau hijau. Makin jarang orang yang tahu khasiat cincau hijau , membuat campuran minuman segar berupa gel ini, kurang diminati warga Kota Bandung padahal minuman cincau hijau sarat akan manfaat. Resep es cincau dengan bahan utama cincau hijau atau cincau hitam ( janggelan ) mudah dan gampang membuatnya. Dengan tambahan susu kental manis jadilah minuman cincau spesial. Apa lagi jika di tambah bahan lain akan tercipta minuman segar dari bahan dasar cincau ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Es Cincau hijau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved