Bagaimana Membuat Pempek Dos Enakk Anti Gagal

Elnora Schultz   08/07/2020 18:42

Pempek Dos Enakk
Pempek Dos Enakk

Sedang mencari ide resep pempek dos enakk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek dos enakk yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Pempek Dos Nasi enak lainnya. Pempek Dos atau empek empek dos merupakan salah satu jenis pempek yang dibuat tanpa bahan ikan. Namun walaupun tanpa menggunakan ikan pempek dos ini tetap enak dan gurih lho bahkan lebih ekonomis dan praktis proses pembuatannya dari pada pempek kapal selam atau pempek lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos enakk, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek dos enakk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek dos enakk yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Dos Enakk memakai 11 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Dos Enakk:
  1. Siapkan Bahan biang :
  2. Siapkan 400 ml air
  3. Gunakan 200 gr terigu
  4. Sediakan 2.5 sdt garam
  5. Sediakan 1 sdt gula
  6. Sediakan 3 sdm ebi yang dihaluskan (tambahan saya)
  7. Gunakan Adonan pempek :
  8. Gunakan 3 butir telur, kocok lepas
  9. Sediakan 5 siung bawang putih, haluskan
  10. Sediakan 400 gr sagu tani
  11. Sediakan Telur untuk isi pempek kapal selam

Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Cara menyiapkan Pempek Dos Enakk:
  1. Campur semua bahan biang di panci, masak dengan api sedang cenderung kecil sambil diaduk sampai menggumpal/kalis (adonan tidak lengket lagi di panci).
  2. Pindahkan biang dalam wadah, tambahkan bawang putih & telur kocok, aduk sampai rata.
  3. Masukkan sagu tani sedikit-sedikit, aduk rata. Hentikan penambahan tepung jika dirasa adonan sudah bisa dipulung. Terlalu banyak tepung akan membuat pempek keras.
  4. Balur tangan dan talenan dengan tepung, bentuk adonan sesuai keinginan, lenjer atau diisi telur kocok untuk kapal selam.
  5. Rebus pempek sampai matang, goreng & sajikan dengan cuko 😍

Pempek dos belakangan jadi favorit yang karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih. Walau tanpa ikan, pempek dos dijamin tetap enak dipadu kuah cuko asam dan pedas. Pempek dos juga sering jadi alternatif konsumsi pempek pada penggiat vegetarian, lo. Namun, ternyata untuk membuatnya lebih sederhana tapi tetap tidak kalah enak, ada resep yang satu ini. Namanya pempek dos, dibuat tanpa ikan namun tetap enak insyaAllah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pempek dos enakk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved