Resep Santen daun singkong + tempe, Enak

Ruby Scott   08/07/2020 18:01

Santen daun singkong + tempe
Santen daun singkong + tempe

Anda sedang mencari ide resep santen daun singkong + tempe yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal santen daun singkong + tempe yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari santen daun singkong + tempe, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan santen daun singkong + tempe yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Santen Daun Singkong Teri Medan enak lainnya. Resep Sayur Daun Singkong - Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita seperti, sebagai sumber tenaga, membantu proses metabolisme tubuh, sumber antioksidan, meregenerasi sel-sel tubuh, dan juga membantu proses pencernaan. Menu masakan dengan menggunakan santan adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahan dasar daging, ikan, telur, dan.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah santen daun singkong + tempe yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Santen daun singkong + tempe memakai 15 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Santen daun singkong + tempe:
  1. Sediakan 1 iket daun singkong pilih yg muda ya
  2. Gunakan 1 papan tempe
  3. Ambil Ikan teri
  4. Sediakan 1 Santan kara ukuran 65 ml
  5. Siapkan Garam dan masako
  6. Siapkan Bahan yang dihalus kan
  7. Sediakan 15 bh Cabe rawit
  8. Sediakan 6 bh bawang merah
  9. Gunakan 4 bh bawang putih
  10. Ambil 4 bh kemiri
  11. Ambil Jahe
  12. Siapkan Kunyit
  13. Siapkan Geprek lengkuas
  14. Gunakan Geprek laos
  15. Siapkan Daun salam dan daun jeruk

Di tanahair banyak terdapat tempe berbahan dasar nonkedelai - meski termasuk kelompok legum seperti tempe koro benguk (bahan biji karabenguk Mucuna pruriens), tempe gude Cajanus cajan, dan tempe koropedang Canavalia ensiformis. Setelah matang angkat dan cuci lagi lalu di iris ukuran sedang. Panaskan wajan, beri minyak, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan dan di iris. Masukkan lengkuas dan daun salam tumis lalu masukan teri tumis sebentar.

Cara menyiapkan Santen daun singkong + tempe:
  1. Rebus dulu daun singkong nya dgn minyak 2 sendok serta garam sampe bnr2 lembut
  2. Tumis bahan yg dihalus kan tadi sampe harum masukkan santan kara tambah kan air secukup nya
  3. Setelah mendidih masukan ikan teri dan tempe nya kasih garam dan masako jika suka tes rasa kalo ssh pas baru masukkan daun singkong yg sdh direbus sampe empuk tadi tunggu sampe mendidih dan agak mengiring sedikit baru deh bisa disantap hehe๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap. Ini tempe baru, bukan dari kedelai atau kacang koro, tetapi daun singkong. Tempe daun singkong berkualitas baik bertekstur lembut dengan aroma khas dan bagian dalam berwarna hijau gelap. Keruan saja kita dapat mengolahnya menjadi beragam penganan dengan menggoreng, menumis, atau menggulai.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat santen daun singkong + tempe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved