Bagaimana Membuat Cincau hijau (camcau) Anti Gagal

William Quinn   06/08/2020 08:57

Cincau hijau (camcau)
Cincau hijau (camcau)

Lagi mencari inspirasi resep cincau hijau (camcau) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cincau hijau (camcau) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cincau hijau (camcau), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cincau hijau (camcau) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Cincau hijau bisa menjadi salah satu minuman pelepas dahaga yang menyegarkan di siang hari. Es cincau hijau biasanya diberi tambahan santan dan cairan gula merah sehingga rasanya manis dan segar. Lihat juga resep Es Cincau Hijau enak lainnya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat cincau hijau (camcau) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cincau hijau (camcau) memakai 2 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cincau hijau (camcau):
  1. Ambil 50 lembar Daun cincau kira-kira
  2. Ambil 4 gelas Air

Tak hanya enak dan segar saat dinikmati dibawah terik matahari saja, es cincau juga enak dinikmati pada saat berbuka seperti ini. sudah segar dan enak, cincau hijau juga baik dikonsumsi. Dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Menispermaceae dengan genus Cylea yaitu Cylea barbata Myers. Dengan ciri khas memiliki batang tumbuh menjalar dan merambat ke pohon atau pagar. Cincau hijau termasuk dalam famili Menispermaceae.

Langkah-langkah menyiapkan Cincau hijau (camcau):
  1. Cuci bersih daun cincau Cincau hijau (camcau)1. Setelah itu masukan kedalam baskom kemudian uleni atau remas hingga menghijau
  2. Setelah itu saring cincau
  3. Masukan cincau yang sudah disaring kedalam wadah dan kemudian masukan kulkas

Salah satu ciri khasnya adalah batangnya tumbuh menjalar dan dapat dipanjatkan ke pohon atau pagar. Daunnya berbentuk seperti perisai atau jantung, bagian tengah melebar berbentuk bulat telur dan ujungnya meruncing. Senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi yang menderita penyakit tipes. Resep es cincau dengan bahan utama cincau hijau atau cincau hitam ( janggelan ) mudah dan gampang membuatnya. Dengan tambahan susu kental manis jadilah minuman cincau spesial.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cincau hijau (camcau) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved