Resep Ayam Goreng Tepung Sambal Matah Anti Gagal

Danny Jordan   09/09/2020 10:28

Ayam Goreng Tepung Sambal Matah
Ayam Goreng Tepung Sambal Matah

Sedang mencari ide resep ayam goreng tepung sambal matah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng tepung sambal matah yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng tepung sambal matah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng tepung sambal matah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Ayam Goreng Tepung Sambal Matah Mela Apple Jakarta. Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit merah dan sereh. Lihat juga resep Ayam Crispy Sambal Matah enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam goreng tepung sambal matah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam Goreng Tepung Sambal Matah menggunakan 10 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Goreng Tepung Sambal Matah:
  1. Gunakan Ayam negri, potong 4
  2. Gunakan 6 buah Sereh, ambil yang putihnya saja lalu diiris tipis”
  3. Ambil 15 siung Bawang merah, diiris tipis”
  4. Sediakan 40 buah Cabe gila, diiris miring
  5. Gunakan 7-8 lembar Daun jeruk, iris tipis”
  6. Gunakan 1-2 sdm jeruk lemon
  7. Gunakan secukupnya Minyak kelapa
  8. Sediakan secukupnya Garam
  9. Gunakan Tepung bumbu sasa yang untuk ayam
  10. Gunakan 1 buah Telor ayam

Cukup gunakan bumbu-bumbu sederhana untuk membuat ayam goreng, seperti bawang putih, lada, dan ketumbar. Supaya citarasanya pas dan tidak menyamarkan kenikmatan dari sambal matah. Cara Membuat Ayam Goreng & Sambal Matah. Mula mula rebus ayam yang sudah di iris bersama bumbu, Masak di atas api sedang hingga air tinggal sedikit.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Goreng Tepung Sambal Matah:
  1. Rebus ayam terlebih dahulu sampai empuk, jangan lupa tambahkan garam
  2. Apabila sudah empuk lalu dinginkan, apabila sudah dingin masukkan ke dalam telor, lalu ke tepung, telor lagi, tepung lagi, agar ayamnya krispy & lebih tebal
  3. Setelah ayam di goreng, campurkan semua bumbu rempah tadi menjadi satu, tambahkan garam dan lemon
  4. Panaskan minyak kelapa, apabila sudah panas, siram minyak tadi ke campuran bumbu rempah tadi
  5. Campurkan ayam goreng tepung dengan sambal matahnya, masakan siap disajikan

Panaskan minyak di dalam wajan di atas api sedang. Sambal Matah: aduk rata semua bahan kecuali minyak di dalam mangkuk sambil diremas. Sambal Dabu-dabu tidak menggunakan serai dan menggunakan tomat yang dipotong-potong, sedangkan Sambal Matah dari Bali ini menggunakan serai dan tidak menggunakan tomat. Selain itu lebih berkuah, karena setelah disiram menggunakan minyak goreng panas, Sambal Matah ditambah air hangat, sedangkan Sambal Dabu-dabu tidak. Sambal matah ini sangat simpel sampai-sampai tidak perlu repot untuk mengulek. (Foto: Shutterstock) Dalam bahasa Bali, 'matah' berarti mentah.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Goreng Tepung Sambal Matah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved