Bagaimana Membuat Cincau hijau perdu, Menggugah Selera

Eddie Mathis   16/10/2020 05:41

Cincau hijau perdu
Cincau hijau perdu

Sedang mencari inspirasi resep cincau hijau perdu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cincau hijau perdu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cincau hijau perdu, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cincau hijau perdu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Black jelly (cincau hitam) is manufactured as an instant powder, like other instant jellies or agar. This form is easier to use. This form is easier to use.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cincau hijau perdu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cincau hijau perdu memakai 3 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cincau hijau perdu:
  1. Ambil 30 biji Daun cincau (me : pakai cincau perdu)
  2. Siapkan Garam sejumput (1/2 sdt)
  3. Gunakan 600 ml Ait hangat +-

Tanaman ini berasal dari Asia dan tersebar luas di India, Myanmar, Filipina, dan Indonesia. Daun tanaman ini dapat diolah menjadi gel dan dikonsumsi sebagai minuman segar. Jual Bibit Tanaman Cincau Hijau Perdu Daun Cincau perdu ( Premna oblongifolia ) adalah sejenis tanaman perdu, daunnya bila diolah dengan cara perendaman akan berbentuk gel atau agar-agar. Gel atau agar-agar ini bisa terbentuk karena tanaman ini mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Cara menyiapkan Cincau hijau perdu:
  1. Cuci bersih daun cincau..lalu campur ke mangkok air hangat (lupa foto)
  2. SeSudah dicampur air hangat. Tambahkan garam sejumput (1/2 sdt)..lalu diremas2 daunnya hingga terliat tulang daunnya.(maaf foto ngeblur)
  3. Bila sudah berasa berlendir dan kenyal langsung disaring pakai saringan atau kain….dinginkan diluar ruangan atau masukan kulkas hingga seperti agar2…
  4. Cincau siap dihidangkan..sy pakai santan & kincau (gula jawa kental). Selamat menikmati bersama orang2 terkasih anda..😍😘

Karena jika tak memakai pewarna, saat mengental warnanya akan berubah menjadi coklat kehitaman, itu karena daun cincau di rebus sebelum dip eras dan kadar warna setelah itu tergantung dari kondisi daun cincau tersebut. Jika menanamnya di kawasan tanah liat perlu dibaikpulih terlebih dahulu tanah tersebut dengan menambah kompos dalam kuantiti yang banyak dan barulah ditanam anak pokok cincau. Jangan lupa disiram dua kali sehari pada musim kemarau dan membaja dua kali seminggu. Pokok cincau hijau perdu tidaklah cerewet untuk ditanam. Mudahnya Buat Cincau Hijau Dari Pokok Jenis Perdu, Cuma Ramas Tak Perlu Masak.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cincau hijau perdu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved