Langkah Mudah untuk Membuat Ayam bakar, Enak Banget

Derek Hammond   24/11/2020 16:22

Ayam bakar
Ayam bakar

Lagi mencari inspirasi resep ayam bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bakar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ayam bakar is an Indonesian and Malaysian dish, consisting of charcoal-grilled chicken. Ayam Bakar (Indonesian Grilled Chicken) Ayam Bakar is a dish of charcoal-grilled chicken marinated in kecap manis, coconut oil, shallot, garlic, chilli pepper, coriander, tamarind juice, candlenut, turmeric and galangal. Ayam bakar atau ayam panggang merupakan hidangan yang cukup terkenal di Malaysia dan Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam bakar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam bakar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam bakar memakai 18 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam bakar:
  1. Sediakan 4 potong ayam negeri
  2. Siapkan 2 sdm kecap manis
  3. Gunakan 1 sdm gula merah
  4. Siapkan 500 ml air kelapa
  5. Ambil 1 lembar daun salam
  6. Siapkan 1 lembar daun sereh
  7. Ambil secukupnya Ketumbar
  8. Sediakan secukupnya Lada
  9. Gunakan Bumbu yang dihaluskan
  10. Gunakan 8 butir bawang merah
  11. Siapkan 6 siung bawah putih
  12. Ambil 2 butir kemiri
  13. Siapkan 10 cabe gendot (optional)
  14. Ambil Seruas kunyit
  15. Gunakan secukupnya Garam
  16. Siapkan Pelengkap:
  17. Siapkan Timun/Selada/kemangi
  18. Siapkan Sambel tomat jika dirasa kurang pedas

Sesuai untuk anda yang mahu menyediakan sesuatu yang cepat tetapi lazat! Menu ayam bakar bisa jadi sajian andalan keluarga di meja makan kamu. Resep yang satu ini mungkin agak jarang yang mencobanya, namun juga patut Anda pertimbangkan. Kombinasi lezat dari daun jeruk, daun pandan serta olahan bumbu lainnya membuat hidangan ayam woku bakar ini terasa lebih maknyus. masakan paling sangat disukai dan mudah memasaknya, menjadikan ayam bakar kecap menjadi menu yang selalu ada di tempat makan yang bahan dasarnya dari ayam.

Cara menyiapkan Ayam bakar:
  1. Lumuri ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan
  2. Maukan air kelapa, kecap manis, garam, salam, sereh,lada, ketumbar lalu ungkep.
  3. Aduk rata dan biarkan asat kurang lebih 1,5 jam
  4. Pangang ayam diatas happy call dengan dilumuri bumbu 1x oles balik lalu 1x oles lagi balik lagi lalu oles lagi sampai meresap.
  5. Jika mau ada kesan bakarnya, bakar sedikit bagian ayam diatas api kompor. Angkat lalu sajikan.
  6. Buatlah sambel tomat sebagai pelengkap, tambahkan timun,kemangi / selada.. selamat makan

Aromanya yang harum saat dimasak akan membuat selera makan tergugah. Apalagi kalau dimasak dengan resep ayam bakar dan bumbu ayam bakar yang benar-benar mantap. "Boringlah hari-hari masak ayam goreng. Lauk pun ulang-ulang yang sama je. Apa lagi resepi ayam yang simple tapi sedap ye?" Musim-musim cuti begini memang Mak-mak makin rajin ke dapur. Kalau boleh nak sediakan hidangan yang sedap tapi mudah dan cepat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam bakar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved