Cara Gampang Menyiapkan Cincau Hijau Perdu yang Enak Banget

Birdie Harmon   05/11/2020 13:09

Cincau Hijau Perdu
Cincau Hijau Perdu

Sedang mencari inspirasi resep cincau hijau perdu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cincau hijau perdu yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cari produk Benih Bibit Tanaman lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Tanaman cincau hijau yang tidak merambat (perdu), daun mengandung banyak klorofil, tanin, alkaloid, dan steroid glikosida.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cincau hijau perdu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan cincau hijau perdu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cincau hijau perdu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cincau Hijau Perdu menggunakan 5 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cincau Hijau Perdu:
  1. Ambil 20 Lembar Daun Cincau Hijau Perdu
  2. Ambil 2 Gelas air (gelas belimbing sekitar 200ml)
  3. Siapkan 250 ml susu UHT (sesuai selera)
  4. Ambil 2 Sdm gula merah cair (Sesuai Selera)
  5. Sediakan Es batu

Cincau, seperti nama minuman yang berwarna hijau dengan tambahan santan, gula aren dan es batu di dalamnya. Sebenarnya, minuman tersebut berasal dari tanaman cincau, sehingga disebut sebagai es cincau. Daun cincau perdu berbentuk lonjong dengan ujung meruncing. Beda dengan daun cincau rambat yang berbulu halus, daun cincau perdu halus dan licin.

Cara membuat Cincau Hijau Perdu:
  1. Panaskan 2 gelas air putih sampai mendidih
  2. Cuci bersih daun cincau
  3. Setelah air mendidih masukan kedalam baskom berisi cincau yg sudah bersih.
  4. Diamkan tunggu hingga hangat kuku.
  5. Remas2 cincau hingga keluar lendir (kurleb 5-10 menit) saring cincau kemudian diamkan didalam lemari es 2-4 Jam (Semalam boleh lebih bagus)
  6. Siapkan gelas masukkan gula merah cair dan cincau yg sudah set beri susu UHT/santan, tambah es batu.
  7. Cincau siap dihidangkan.

Kalau daun cincau rambat tipis dan lemas (mudah ditekuk-tekuk), maka daun cincau perdu kaku dan tebal. Beza nak buat cincau hijau dengan cincau hitam, cincau hitam perlu direbus tapi mudahnya cincau hijau ini cuma ramas-ramas dan sejukkan saja dah boleh dimakan. Cincau hijau ini dari pokok jenis berkayu atau perdu. Nama saintifik pokok cincau hijau ni Melasthoma polyanthum. Kalau mak-mak nak cuba tanamnya, cucuk saja batangnya dekat tanah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cincau Hijau Perdu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved