Cara Gampang Membuat Ayam Goreng Sambal jawa Anti Gagal

Loretta Bryant   12/10/2020 19:49

Ayam Goreng Sambal jawa
Ayam Goreng Sambal jawa

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng sambal jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng sambal jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sekilas, mirip sekali dengan sambal terasi. Namun sambal ini menggunakan beberapa bahan lain yang membuat rasa serta aromanya cukup berbeda. Baca juga: Resep Sambal Petis khas Jawa Timur, Cocok untuk Cocolan Tahu Goreng.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng sambal jawa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng sambal jawa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam goreng sambal jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ayam Goreng Sambal jawa menggunakan 16 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Goreng Sambal jawa:
  1. Ambil 1 kg ayam (di potong sesuai selera)
  2. Siapkan bumbu ungkep:
  3. Siapkan 5 siung bawang putih
  4. Ambil 1/2 sendok teh ketumbar
  5. Ambil secukupnya garam
  6. Siapkan bahan sambal:
  7. Gunakan 10 buah cabe rawit
  8. Siapkan 5 buah cabe keriting
  9. Ambil 3 siung bawang merah
  10. Gunakan 3 buah tomat matang ukuran sedang
  11. Siapkan secukupnya terasi
  12. Siapkan 1 block kecil gula merah
  13. Sediakan sesuai selera (untuk cabe, )
  14. Ambil lalapan:
  15. Ambil 1 ikat kemangi
  16. Siapkan 1 buah timun

Ini dia salah satu sambal favorit saya sebagai pendamping hidangan Ayam Goreng. Jika anda penikmat sambal dan ingin membuat sambal dalam jumlah banyak tapi males ngulek cobalah sambal terasi dari Jawa Barat ini. Sambal goreng jawa ni salah satu hidangan wajib dalam proses penyediaan nasi ambeng.tau tak apa itu nasi ambeng?. Pecel ayam: ayam goreng Jawa Timur dengan sambal.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Sambal jawa:
  1. Rebus ayam yg sdh di cuci bersih dengan bumbu ungkep yg di haluskan.
  2. Setelah ayam empuk, goreng sampai warna berubah kecoklatan
  3. Goreng semua bahan sambal (kecuali gula merah), setelah matang uleg danTambahkan gula merah, garam serta gula pasir
  4. Langkah terakhir, goreng sambal sekali lagi, setelah warna kecoklatan siap di hidangkan bersama lalapan.

Ayam goreng penyet: dipanggil penyet karena ayam goreng ditumbuk dengan ulekan dalam ulekan untuk dicampur dengan sambal. Ayam goreng berempah: ayam goreng Melayu, digoreng sehingga kuning keemasan bersertakan serbuk tepung yang digoreng renyah. Lihat juga resep Sambal ayam goreng nanas enak lainnya. Kini saya kongsikan pula resepi Ayam Masak Sambal yang digandingkan dengan nasi minyak itu. Sebenarnya telah lama Aween meminta saya memasak Ayam Masam Manis tapi saya terpaksa memasak Ayam masak Sambal kerana mahu menghabiskan stok cili yang telah lama dikisar..

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Goreng Sambal jawa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved