Bagaimana Menyiapkan Ayam goreng Sambel bawang, Sempurna

Allie Barnes   05/08/2020 08:08

Ayam goreng Sambel bawang
Ayam goreng Sambel bawang

Lagi mencari ide resep ayam goreng sambel bawang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng sambel bawang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam Goreng Kemiri & Sambal Bawang #BikinRamadhanBerkesan. Lalu, siram sambal dengan menggunakan minyak goreng panas sisa goreng ayam secukupnya. Letakkan ayam tepung yang sudah ditiriskan tadi diatas sambal, lalu geprek menggunakan ulekan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng sambel bawang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng sambel bawang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam goreng sambel bawang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ayam goreng Sambel bawang memakai 25 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam goreng Sambel bawang:
  1. Ambil 1/2 kg paha ayam
  2. Sediakan Jeruk nipis
  3. Sediakan 1 lembar daun salam
  4. Gunakan 1 batang sere memarkan
  5. Ambil 2 lembar daun jeruk sobek sobek
  6. Ambil 400 ml air
  7. Gunakan secukupnya Minyak goreng
  8. Siapkan Bumbu halus
  9. Siapkan 3 siung bawang merah
  10. Siapkan 3 siung bawang putih
  11. Ambil 2 cm kunyit
  12. Gunakan 2 cm jahe
  13. Gunakan 2 cm lengkuas
  14. Gunakan 2 butir kemiri
  15. Ambil 1 sdt Ketumbar
  16. Gunakan Secukupnya gula pasir
  17. Gunakan Secukupnya garam
  18. Gunakan Bahan sambel bawang
  19. Siapkan 13 buah cabe rawit (bisa dikurangi klo tdk suka pedas)
  20. Sediakan 2 buah cabe keriting
  21. Sediakan 1 siung bawang putih
  22. Sediakan secukupnya Garam
  23. Siapkan secukupnya Penyedap rasa
  24. Sediakan 1 sdt minyak panas(harus panas)
  25. Sediakan sesuai selera Lalapan

Aneka resep olahan ayam goreng memang semakin banyak dengan berbagai variasi bumbunya, apalagi jika bicara sambal, entah berapa ratus jenis sambal di Indonesia ini yang bisa Anda temui disetiap daerahnya. Resep ayam geprek bumbu sambal bawang ini merupakan perpaduan antara renyahnya goreng daging ayam dengan lezatnya sambal bawang. Bawang putih merupakan bumbu dasar setiap masakan. Tapi tak ada salahnya anda menambahkan takarannya lebih banyak, seperti pada menu ini.

Cara membuat Ayam goreng Sambel bawang:
  1. Cuci bersih ayam,kemudian rendam +- 10 mnt dgn perasan jeruk nipis.setelah itu cuci bersih.
  2. Panaskan air setelah mendidih masukkan salam,sere,daun jeruk,bumbu halus dan ayam,sambil sesekali diaduk biar rata matangnya,ungkep sampai air menyusut.angkat sisihkan.
  3. Panaskan minyak,lalu goreng ayam sampai kecoklatan/matang.
  4. Uleg bahan sambal,cabe, bawang putih,garam,penyedap rasa setelah halus tuang minyak panas kedalam sambalnya.
  5. Sambel bawang,ayam goreng, lalapannya siap disajikan.

Geprek beberapa bonggol bawang putih, campurkan dalam bumbu marinasi & sertakan saat menggoreng ayam. Lihat juga resep Kulit Ayam Kriuk Penyet Sambel Bawang enak lainnya. Kini saya kongsikan pula resepi Ayam Masak Sambal yang digandingkan dengan nasi minyak itu. KOMPAS.com - Sambal bawang jadi salah satu sambal paling populer di Indonesia. Sambal bawang biasanya menjadi topping ayam geprek.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng sambel bawang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved