Resep Daun singkong Santan, Menggugah Selera

Eleanor Keller   11/11/2020 14:50

Daun singkong Santan
Daun singkong Santan

Sedang mencari inspirasi resep daun singkong santan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal daun singkong santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari daun singkong santan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan daun singkong santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Pucuk jawaw bakacak (Daun singkong yg diremas) + leunca kuah santan enak lainnya. daun singkong (yam/cassava/sweet potato leaves). These are sold as yam leaves in my nearby Asian market. For this specific dish, kale is the best substitute if you cannot find daun singkong in your grocery store. coconut milk; ground coriander (Indonesian: bubuk ketumbar) ground turmeric (Indonesian: bubuk kunyit).

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah daun singkong santan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Daun singkong Santan memakai 14 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Daun singkong Santan:
  1. Siapkan 1 ikat daun singkong
  2. Sediakan cabe rawit
  3. Ambil 2 siung bawang merah
  4. Ambil 2 siung bawang putih
  5. Siapkan 1 ruas serai (memarkan)
  6. Sediakan 1 ibu jari jahe,kunyit,lengkuas
  7. Ambil 1 bks masako ayam
  8. Siapkan 1 bks penyedap rasa(sasa)
  9. Gunakan 2 bh kemiri
  10. Gunakan 2 lbr daun salam
  11. Siapkan secukupnya minyak
  12. Sediakan garam
  13. Sediakan santan(saya pakai kara)
  14. Ambil 1 gelas air putih

Biasanya daun singkong diolah dengan tambahan santan supaya lebih gurih. Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati daun ketela ini tanpa santan, kok. Yuk, lihat beberapa resep daun ketela tanpa santan yang sheat dan lezat berikut ini. Tumis daun singkong dan ikan teri Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan.

Cara membuat Daun singkong Santan:
  1. Daun singkong ambil daun nya saja..trus rebus d air yg mendidih..jangan lupa d kasih garam…angkat trus tiriskan
  2. Haluskan cabe rawit,bawang merah,bawang putih,kunyit,jahe,kemiri beri garam agar mudah halus
  3. Memarkan serai & lengkuas
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus,masukkan serai,lengkuas &daun salam.tumis sampai harum
  5. Masukkan daun singkong yg sudah d rebus
  6. Masukan santan & air
  7. Beri masako & penedap rasa,,,
  8. Setelah kuah nya mendidih cicipin trus angkat
  9. Hidangkan dengan ikan asin…oo markotop dech

Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan daun singkong santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved