Resep Dendeng (Ayam) Balado Anti Gagal

Ida Silva   12/08/2020 04:28

Dendeng (Ayam) Balado
Dendeng (Ayam) Balado

Anda sedang mencari ide resep dendeng (ayam) balado yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal dendeng (ayam) balado yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Dendeng refers to thinly sliced dried meat in Indonesian cuisine. It is preserved through a mixture of sugar and spices and dried via a frying process. The creation of dendeng is commonly credited to the Minangkabau people, and their earliest dendeng was made from beef, dried so it would be preserved for days and could be taken along with them when they traveled.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari dendeng (ayam) balado, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan dendeng (ayam) balado enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah dendeng (ayam) balado yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Dendeng (Ayam) Balado menggunakan 12 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Dendeng (Ayam) Balado:
  1. Sediakan 250 gram daging ayam filet
  2. Gunakan Bumbu rendam ayam;
  3. Gunakan 5 butir bawang putih
  4. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk
  5. Gunakan secukupnya Gula
  6. Gunakan secukupnya Garam
  7. Ambil Air perasan jeruk nipis (optional,me air asam jawa)
  8. Siapkan Bumbu balado;
  9. Sediakan 5 buah cabe keriting
  10. Siapkan 5 buah rawit setan
  11. Gunakan 10 bawang merah;5 bawang untuk ditumis sisanya diulek
  12. Sediakan 2 bawang putih

Other popular Sumatran dishes that are cooked with the sambal balado include Dendeng Balado made from thinly-sliced dry fried beef, Terong Balado made from eggplant and Kantang Balado made of potatoes. The Ayam Balado is typically served with rice. Dendeng balado merupakan olahan daging sapi khas Sumatera Barat yang memiliki rasa pedas gurih dan nikmat. Sajian ini dibuat dari daging sapi yang diiris tipis lalu digoreng hingga kering dan disiram dengan sambal balado cabe merah di atasnya.

Langkah-langkah menyiapkan Dendeng (Ayam) Balado:
  1. Iris persegi daging ayam filet yg tipis ya supaya bumbu meresap..hehe, lalu geprek dicobek
  2. Masukan kedalam bumbu rendaman ayam..balur sampai merata diamkan kurang lbh 30mnt atau sampai bumbu meresap
  3. Ulek kasar bumbu balado,
  4. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang merah sampai harum,masukan bumbu ulek tumis sampai bau langunya hilang kemudian masukan air asam jawa
  5. Masukan daging dendengnya masak sampai matang dan meresap.
  6. Sajikan..di tunggu recooknya 😊😊

Sambal balado merah yang ditumbuk kasar akan membuat rasa pedasnya lebih terasa nikmat. Lihat juga resep Dendeng Kering Balado enak lainnya. Seperti namanya, ayam tp rasa dendeng yang biasa di bikin 😂 , Catarina Diana. Ayam Goreng Bumbu Dendeng Balado Basah. Judulnya panjang sekali yaa mom's & ayamnya ketutup bumbunya 😅 Daging ayam itu fleksibel bisa dimasak apapun tetap enak dimakan..

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Dendeng (Ayam) Balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved