Resep Nasi Bakar Ayam Balado yang Bikin Ngiler

Danny Tate   14/10/2020 16:50

Nasi Bakar Ayam Balado
Nasi Bakar Ayam Balado

Sedang mencari ide resep nasi bakar ayam balado yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam balado yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Setelah nasi dan ayam balado matang tata di daun pisang jangan lupa beri daun kemangi lalu bungkus. Setelah itu bakar nasi yang sudah dibungkus sampai daun pisang sedikit menghitam. Nasi bakar siap disantap, bisa dikasih tempe dan tahu juga yah (atau toping yang lainnya).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam balado, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi bakar ayam balado enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi bakar ayam balado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar Ayam Balado memakai 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Bakar Ayam Balado:
  1. Sediakan Nasi Bakar
  2. Sediakan 1 kg beras
  3. Sediakan 1 buah kelapa
  4. Ambil 5 helai daun salam
  5. Siapkan 2 batang sereh
  6. Gunakan air matang
  7. Ambil 2 sdt garam (sesuai selera)
  8. Gunakan Ayam Balado
  9. Siapkan 1/4 kg ayam filet dada
  10. Sediakan 1 ons cabe merah
  11. Sediakan 3 siung bawang putih
  12. Sediakan Bumbu :
  13. Gunakan Garam
  14. Sediakan Gula putih
  15. Ambil Merica bubuk
  16. Siapkan Totole
  17. Sediakan Bahan Pelengkap
  18. Gunakan Daun kemangi
  19. Sediakan Cengek
  20. Ambil Tahu
  21. Sediakan Tempe

Nasi liwet bakarnya dibungkus daun pisang agar aroma wanginya semakin menggugah selera makan. Sudah kebayang gimana lezat makan hidangan khas Sunda ini? Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi.

Cara menyiapkan Nasi Bakar Ayam Balado:
  1. Cuci beras sampai bersih. Parut dan peras kelapa. Didihkan air kelapa lalu beri daun salam dan sereh, tunggu sampai mendidih lalu masukan beras yang tadi sudah ducuci, aduk aduk lalu beri garam. Tunggu sampai beras sedikit mengembang. Setelah itu matikan api. Diamkan selama 30 menit lalu kukus hingga matang (sekitar 30 menit).
  2. Kukus daging ayam hingga matang, setelah itu suwir daging ayam. Haluskan cabe merah dan bawang putih.
  3. Panaskan wajan beri minyak lalu tumis cabe merah dan bawang putih sampai matang. Setelah itu masukan ayam suwir lalu beri bumbu.
  4. Setelah nasi dan ayam balado matang tata di daun pisang jangan lupa beri daun kemangi lalu bungkus. Setelah itu bakar nasi yang sudah dibungkus sampai daun pisang sedikit menghitam.
  5. Nasi bakar siap disantap, bisa dikasih tempe dan tahu juga yah (atau toping yang lainnya).

Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan. Photo source: Nasi Bakar Bu Broto. Nasi Bakar Bu Broto terasa khas dengan lauk ayam, udang, balado, cumi asin, sampai empal. Daun pisang yang dibakar pun menghasilkan aroma unik pada nasi. Cara Membuat Nasi Bakar Ayam, Mudah Simpel Cek Cara Membuat Nasi Bakar, resepnya mudah dan sederhana.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Bakar Ayam Balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved