Bagaimana Menyiapkan Roti Sobek Anti Gagal

Amelia Moss   31/08/2020 03:53

Roti Sobek
Roti Sobek

Lagi mencari inspirasi resep roti sobek yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal roti sobek yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Pastikan tutup panci kamu bungkus dengan kain, supaya uap airnya tidak menetes. Apabila sudah matang, matikan kompor dan keluarkan roti sobek. Setelah dingin, taburi roti sobek dengan cokelat bubuk.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti sobek, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan roti sobek yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan roti sobek sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Roti Sobek menggunakan 10 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Roti Sobek:
  1. Siapkan 200 gram terigu protein tinggi (saya cakra)
  2. Sediakan 50 gram terigu protein sedang (saya segitiga biru)
  3. Sediakan 50 gram gula pasir
  4. Sediakan 10 gram susu bubuk
  5. Ambil 4 gram ragi (fermipan)
  6. Siapkan 2 kuning telur
  7. Ambil 100 mL susu cair dingin (dikulkas dulu)
  8. Ambil 50 gram mentega (says pake Anchor)
  9. Siapkan Sejumput garam
  10. Ambil Selai coklat untuk isian (bebas may pakai apa)

Mengapa roti ini disebut dengan roti sobek, sebab jenis roti sobek begitu mudah ketika disobek sehingga ingin menikmatinya tinggal disobek per bagiannya. Modal nekat yang dimiliki oleh Alfi ternyata membuahkan hasil. Usaha roti sobek ini sudah membuahkan sejumlah keuntungan. Baca juga: Resep Roti Sobek Lembut Warna-warni, Pakai Ragi Alami Sourdough "Kalau usaha harus mau pusing, harus mau repot.

Langkah-langkah menyiapkan Roti Sobek:
  1. Campurkan tepung terigu, ragi, gula, susu bubuk hingga rata. Tambahkan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Mixer sampai kalis. Bisa juga pake mixer yang pengaduknya bentuk spiral, boleh juga diulen manual pake tangan.
  2. Tambahkan mentega dan garam, uleni sampai kalis elastis. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik wrap. Tunggu hingga mengembang 2x lipat.
  3. Kempeskan adonan. Bagi adonan menjadi 8 bagian. Isi bagian tengahnya dengan selai coklat. Bulatkan adonan taruh di loyang dengan jarak agak dekat karena dia akan mengembang dan saling menempel. Tunggu hingga mengembang.
  4. Panggang hingga matang. Saya pake oven tangkring pake rak tengah. Oles dengan margarin bagian atasnya.
  5. Roti sobek siap dinikmati. 😊

Membawa oven kan repot, nah itu harus dijalankan kalau mau bertahan. Roti sobek adalah jenis roti lembut dan lezat, yang cocok dijadikan cemilan santai. Roti Sobek tergolong roti praktis dan mudah dibuat dengan bahan yang sederhana. Roti sobek sangat cocok untuk digunakjan sebagai bekal anak ke sekolah, bekal piknik dan bisa juga dijadikan untuk persediaan di rumah karena roti sobet awet tidak cepat basi. Roti yang dinikmati dengan cara menyobeknya, lantas membuat roti ini dinamakan dengan roti sobek.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan roti sobek yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved