Resep Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang, Enak Banget

Landon Bush   21/06/2020 02:51

Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang
Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang

Anda sedang mencari ide resep cincau hijau dengan koagulan air abu daun pisang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cincau hijau dengan koagulan air abu daun pisang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang Di ujung jalan masuk rumah itu ada warung yang juga sekaligus penjual tanaman. Pemiliknya baik sekali karena saya suka beli lontong isi favorit saya di sana. Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang Di ujung jalan masuk rumah itu ada warung yang juga sekaligus penjual tanaman.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cincau hijau dengan koagulan air abu daun pisang, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cincau hijau dengan koagulan air abu daun pisang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cincau hijau dengan koagulan air abu daun pisang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang memakai 3 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang:
  1. Siapkan 20 lembar daun cincau tebal besar
  2. Ambil Secukupnya daun pisang kering
  3. Siapkan Secukupnya air

K Resep Cincau Hijau Agar Kenyal Alami Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan Spesial Asli Enak. Cincau hijau secara alami tradisional terbuat dari tumbuhan cincau hijau (C. barbata Myers.) tanaman merambat, daun berwarna hijau pucat dengan rambut di atas permukaannya. Daun cincau hijau ini ada yang merambat namun ada pula sebagai pohon perdu. Lihat juga resep DONAT no Kentang (resep imam abu salman) enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Cincau Hijau dengan Koagulan Air Abu Daun Pisang:
  1. Siapkan bahan-bahannya
  2. Buat koagulannya dulu. Bakar daun pisang dalam wadah sampai menjadi abu. Pindahkan abunya ke dalam gelas lalu beri air panas sekitar setengah gelas belimbing. Aduk rata. Biarkan abu mengendap dan ambil air bagian atasnya saja dan buang endapan abunya.
  3. Cuci bersih daun cincau, lalu rebus sebentar asal layu saja. Jangan kelamaan. Tiriskan
  4. Taruh daun cincau dalam baskom. Beri air hangat suam-suam kuku sekitar 500 ml lalu dibejek-bejek sampai mengeluarkan ekstrak cincaunya. Ini mudah dibejek karena daun sudah layu dan lunak.
  5. Saring agar tidak ada sisa daun yang tertinggal, lalu campur dengan air abu daun pisangnya. Aduk rata dan diamkan sampai mengental dan solid. Jenis ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengeras daripada yang jenis rambat.
  6. Sajikan dingin dengan tambahan pemanis yang disukai.

Kali ini kami Membuat cincau hijau,seger banget jika dinikmati di kala cuaca sedang panas,teman-teman pasti bisa membuatnya sendiri di rumah, Selamat mencoba. Pokok Cincau Hitam atau nama saintifiknya Platostoma palustre tergolong dalam famili Lamiaceae. Pokok cincau lebih sinonim dengan nama Mesona chinensis dan Mesona palustris. Pokok Cincau Hitam sangat tidak asing lagi di kalangan kita kerana keunikannya untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan air cincau asli. Selain pisang Abu, lain-lain jenis pisang turut dijangkiti bakteria tersebut.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cincau hijau dengan koagulan air abu daun pisang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved