Bagaimana Membuat Cincau Hijau Bersantan (Aia Aka) Anti Gagal

Olivia Curtis   17/07/2020 20:57

Cincau Hijau Bersantan (Aia Aka)
Cincau Hijau Bersantan (Aia Aka)

Lagi mencari ide resep cincau hijau bersantan (aia aka) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cincau hijau bersantan (aia aka) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cincau Hijau Bersantan (Aia Aka) Di Sumatera Barat cincau hijau di sebut 'aka kalimpanang'. Lazimnya disajikan dengan santan dan gula merah dan disebut dengan 'aia aka'. Minuman ini banyak dijual di kaki lima dengan gerobak.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cincau hijau bersantan (aia aka), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cincau hijau bersantan (aia aka) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cincau hijau bersantan (aia aka) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Cincau Hijau Bersantan (Aia Aka) memakai 3 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cincau Hijau Bersantan (Aia Aka):
  1. Sediakan Cincau hijau
  2. Gunakan Santan sedang
  3. Ambil Sirup gula merah

Di kampung, Heni suka bikin sendiri cincau dari daun itu," tukasnya bersemangat membuat saya memelototkan mata lebih lebar ke tanaman yang sama sekali tidak saya kenal itu. Aia Aka adalah salah satu minuman tradisional khas Sumatra Barat (Sumbar) yang cukup populer. Teman Traveler bisa menjumpainya di mana saja, terutama pusat-pusat keramaian. Rasanya cukup menyegarkan, sangat cocok sebagai penawar dahaga di tengah cuaca terik.

Cara membuat Cincau Hijau Bersantan (Aia Aka):
  1. Siapkan cincau hijau. Resepnya ada di resep sebelumnya - (lihat resep)
  2. Buat santan sedang dengan menambahkan sedikit garam. Bila menggunakan santan instant seperti kara, 65 ml santan kara ditambah dengan 200 ml air hangat dan 1/4 sdt garam
  3. Buat sirup gula merah dengan merebus 250 gr gula merah dengan 250 ml air serta selembar daun pandan, lalu saring
  4. Cara penyajian: Masukkan setengah gelas cincau hijau, tambahkan 2 sdm sirup gula merah, tambahkan santan hingga gelas terisi 3/4.

Dibuat dari perasan cincau hijau, Aia Aka juga punya banyak manfaat bagus untuk tubuh. Berbeda dengan cincau yang pada umumnya (yang berwarna hitam dan terbuat dari rumput laut), cincau pada aia aka berwarna hijau karena terbuat dari ekstrak daun cincau. Penyajian aia aka bisa dengan dua cara, yakni bisa ditambahkan dengan es agar lebih segar dan menghilangkan dahaga di saat panas terik atau tetap segar walaupun tanpa es. Aia Aka dibuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana, yaitu perasan daun cincau berwarna hijau tua yang sudah mengental sebagai bahan dasar, kemudian dicampur dengan berbagai varian rasa tergantung yang kita inginkan yaitu ada air perasan daun kacang, santan masak yang sudah dimaniskan, dan asam dengan campuran telur ayam atau telur itik. Siapkan wadah yang berisi air matang, lalu peras/remas² seperti mengucek pakaian.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cincau hijau bersantan (aia aka) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved