Bagaimana Membuat Cincau Hijau (dari Daun Cincau Perdu) yang Menggugah Selera

Flora Christensen   07/10/2020 14:17

Cincau Hijau (dari Daun Cincau Perdu)
Cincau Hijau (dari Daun Cincau Perdu)

Sedang mencari ide resep cincau hijau (dari daun cincau perdu) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cincau hijau (dari daun cincau perdu) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Manfaat Daun Cincau Hijau ©Tantri Setyorini. Daun cincau hijau memiliki beragam khasiat. Cylea berbata yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cincau hijau (dari daun cincau perdu), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cincau hijau (dari daun cincau perdu) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cincau hijau (dari daun cincau perdu) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cincau Hijau (dari Daun Cincau Perdu) menggunakan 7 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cincau Hijau (dari Daun Cincau Perdu):
  1. Sediakan Bahan:
  2. Ambil 10 lembar daun cincau tua
  3. Siapkan 2 gelas air
  4. Siapkan 1/2 sendok teh agar-agar bubuk/konnyaku jelly powder, larutkan dengan 2 sendok makan air
  5. Sediakan Pelengkap:
  6. Gunakan secukupnya susu/santan encer
  7. Ambil secukupnya gula merah

Siapkan daun cincau perdu, pilih daun yang telah cukup dewasa namun jangan terlalu tua. Tandanya daun tampak lebar, gelap kehijauan, tidak terlalu kaku, dan permukaannya tampak mengkilap. Cuci daun hingga bersih dan keringkan dengan tissue atau serbet. Ternyata ada beberapa jenis daun cincau.

Cara membuat Cincau Hijau (dari Daun Cincau Perdu):
  1. Cuci bersih daun cincau perdu yang sudah tua.
  2. Rebus air sampai cukup panas, kemudian matikan api. Masukkan daun cincau hijau dan biarkan layu.
  3. Jika air sudah cukup hangat untuk disentuh, remas-remas daun sampai mengeluarkan cairan kental berwarna hijau.
  4. Jika ingin cincau lebih tahan lama, campur dengan 1/2 sendok teh agar-agar bubuk putih.
  5. Diamkan sampai air perasan daun cincau padat menjadi cincau.
  6. Sajikan cincau hijau bersama santan atau susu yang sudah direbus bersama gula merah.

Cincau perdu, cincau bulu, cincau rambat jelly, dan cincau hitam. Dari bagian daunnya dapat dibuat gelatin berwarna hijau agak tua. Gelatin cincau perdu lebih padat dibandingkan cincau hijau dan cincau hitam. Aroma gelatinnya agak langu sehingga kurang disenangi konsumen. Aroma yang langu tersebut dapat dikurangi dengan menambahkan air jeruk nipis pada saat proses pembuatan cincau.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cincau Hijau (dari Daun Cincau Perdu) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved