Resep Sayur Santan Daun Singkong yang Lezat Sekali

Jose Fletcher   08/07/2020 04:08

Sayur Santan Daun Singkong
Sayur Santan Daun Singkong

Lagi mencari ide resep sayur santan daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur santan daun singkong yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur daun singkong masak santan enak lainnya. Umbi dikenal sebagai sumber karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Resep Sayur Daun Singkong - Daun singkong memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita seperti, sebagai sumber tenaga, membantu proses metabolisme tubuh, sumber antioksidan, meregenerasi sel-sel tubuh, dan juga membantu proses pencernaan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur santan daun singkong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur santan daun singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur santan daun singkong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Santan Daun Singkong menggunakan 11 jenis bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Santan Daun Singkong:
  1. Siapkan 1 ikat daun singkong, siangi, rebus, angkat & tiriskan, peras airnya, iris2
  2. Ambil 1 batang serai, memarkan
  3. Gunakan 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  4. Ambil 8 bh cabe rawit hijau, iris2
  5. Siapkan bumbu halus :
  6. Siapkan 1 bh kemiri
  7. Ambil 2 bh bawangmerah
  8. Gunakan 2 siung bawangputih
  9. Siapkan 1 bks kecil santan kental (saya pake kara 65ml)
  10. Siapkan 700 ml air
  11. Sediakan secukupnya garam, gula

Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas.

Langkah-langkah membuat Sayur Santan Daun Singkong:
  1. siapkan wajan, masukkan santan, air, lengkuas, serai, bumbu halus, masak hingga mendidih. - masukkan daun singkong, tambahkan garam, gula. - masukkan cabe rawit. - masak hingga matang, cicipi. - angkat, buang serai & lengkuas, tuang ke mangkok saji.

Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, lengkuas, dan ebi hingga harum. Masukkan irisan daun singkong, masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Jika sudah angkat sayur, kemudian taburi. Daun singkong biasanya dimasak dengan cara direbus, dibuat sayur santan, dan beberapa jenis lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Santan Daun Singkong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved